Sukses

Raih Pole, Hamilton Cetak Rekor di Shanghai

Lewis Hamilton lewati rekor pole pembalap Inggris lainnya, Jim Clark.

Liputan6.com, Shanghai: Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton mencetak rekor baru usai merebut pole pada GP China yang berlangsung di Sirkuit Shanghai, Sabtu (19/4/2014). Dia menjadi pembalap Inggris dengan jumlah pole terbanyak.

Itu merupakan pole ke-34 Hamilton sepanjang kariernya atau satu kali lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya, Jim Clark. Berdasarkan rekor secara keseluruhan, Hamilton berada di posisi keempat di bawah Michael Schumacher, Ayrton Senna dan Vettel.

Hamilton mencatatkan waktu lap 1 menit 53,860 detik. Dia memperbaiki catatan waktu lapsnya ketika baru melahap sirkuit Shanghai yaitu 1 menit 54,348 detik. Sedangkan rekan satu timnya, Nico Rosberg harus berjuang keras di GP Cina.

Dia hanya mampu merebut posisi empat tercepat dan 1,3 detik lebih lambat dari Hamilton. Sedangkan Fernando Alonso start di posisi lima disusul Felipe Massa, Valtteri Bottas, Nico Hulkenberg, Jean-Eric Vergne dan Romain Grosjean.

Beberapa tim lebih banyak menggunakan ban basah di kualifikasi pertama. Baru di kualifikasi kedua, beberapa tim bisa menggunakan ban menegah (intermediates). Saat beberapa tim memperbaiki catatan waktu di lap terakhir, hujan mengguyur dengan kencang.

Ini membuat Jenson Button, Daniil Kvyat, Kevin Magnussen dan Kimi Raikkonen tak mampu memperbaiki catatan waktu. "Saya sangat bagus ketika di cuaca basah, semoga hal sama terjadi saat kering," kata Hamilton seperti dikutip crash.net, Minggu (20/4/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.