Sukses

APEC Indonesia Banjir Pujian dari Kepala Negara & CEO Top Dunia

Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tingkat Asia Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) Indonesia 2013 telah berakhir.

Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tingkat Asia Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) Indonesia 2013 telah berakhir.

Dari mulai persiapan di tahun lalu sampai forum ekonomi ini berlangsung, sosok Chairul Tanjung, Wakil Ketua Panitia APEC tak pernah absen dari seluruh rangkaian kegiatan.

Mengurus event berskala internasional ini bukanlah pekerjaan mudah, apalagi memastikan keamanan, kenyamanan dan pelayanan terhadap seluruh peserta APEC, termasuk 21 Kepala Negara dan sekitar 1.200 CEO dunia yang menjadi tamu penting dalam perhelatan akbar tersebut.

Kesuksesan APEC tidak terlepas dari peran serta seluruh tim panitia, salah satunya penanggung jawab acara tersebut, Chairul Tanjung.

Bagaimana kisah CT begitu panggilan akrabnya dalam mengurus puluhan pemimpin negara Kawasan Asia Pasifik serta ribuan peserta APEC, berikut petikan wawancaranya bersama Liputan6.com saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua Bali, seperti ditulis Rabu (9/10/2013).

Bagaimana rasanya menjadi Wakil Panitia APEC Indonesia 2013 ?

Saya mengucapkan syukur, Alhamdulillah, karena APEC telah berjalan secara baik dan lancar. Pertama, kami dapat menjadi tuan rumah yang membanggakan bangsa Indonesia.

Kedua, tamu-tamu (peserta APEC) merasa sangat nyaman, senang dan mendapatkan perlakuan baik. Kami pun sebagai tuan rumah merasa puas sehingga tamu yang datang bahagia.

Berapa lama persiapan APEC Indonesia 2013 ?

Kepanitiaannya dibuat dari tahun 2012, tapi baru mulai aktif bekerja atau mulai habis-habisan bekerja dalam kurun waktu tiga bulan terakhir sebelum APEC tanggal 1-8 Oktober 2013.

Apa bedanya APEC Indonesia 2013 dibandingkan APEC di negara lain?

Saya mendengar sendiri serta dari pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa hampir seluruh kepala negara yang hadir dalam APEC menyampaikan pujiannya kepada SBY atas penyelenggaraan APEC mulai dari pengaturan, manajemen waktu hingga pelaksanaan APEC secara keseluruhan.

Ada beberapa duta besar yang mengatakan bahwa (APEC) ini yang terbaik dari meskipun mereka sudah 10 kali menghadiri acara APEC. Kami bersyukur.

Apakah ada pernyataan langsung dari Presiden negara lain yang menyampaikan secara khusus soal kesannya terhadap penyelenggaran APEC kali ini kepada Anda?

Ya secara langsung ada, misalnya Presiden Filipina Benigno Aquino. Kebetulan Filipina akan menjadi tuan rumah APEC 2015.

Lalu dia mengatakan, "Waduh susah juga ya kami bisa  menyamakan apa yang dibuat oleh Indonesia". Kemudian saya membalas dengan guyonan. "Don't worry sir, you can hire me," kata dia tersenyum.  

Apa ada keluhan yang Anda terima dari penyelenggaraan APEC tahun ini ?

Sampai hari ini tidak ada. Seluruh Dubes kalau SMS saya adalah untuk menyampaikan ucapan terima kasih dari kepala negaranya atas sambutan yang luar biasa. Pokoknya Alhamdulillah.

Apa kunci sukses suksesnya penyelenggaran APEC Indonesia 2013 karena Anda pernah bilang bila anggaran forum ekonomi ini sebesar Rp 365 miliar?

Kuncinya adalah kita harus mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh seluruh stakeholder yang terkait dengan APEC.

Saya mengambil terobosan dengan memegang kendali supaya para leaders dapat terlayani dengan baik. Maka, kami menempatkan Dubes asal Indonesia yang berkantor di wilayah masing-masing untuk menyiapkan kebutuhan para leaders dan delegasinya.

Saya bertanggung jawab memastikan tidak boleh ada leaders dan delegasi negara yang bersangkutan untuk tidak mendapatkan pelayanan dengan baik. Jadi sebelumnya, kami melihat kebutuhan seperti apa, makanannya bagaimana, jumlah kendaraan, dan lainnya.

Apa suka dukanya?

Banyak sekali, kalau saya ceritakan bisa jadi satu buku. Salah satu contohnya adalah saya pernah mengajak panitia jalan kaki dari vip I bandara International Ngurah Rai hingga ke pintu tol guna mengontrol seluruh billboard dan spanduk APEC yang ada di pinggir kiri dan kanan jalan.

Apa harapannya untuk penyelenggaraan APEC Ke depan ?

Setiap negara pasti ingin menjadi tuan rumah yang baik, dan selalu ingin menjadi lebih  baik dari sebelumnya. Kami berharap Cina dapat melakukan hal yang terbaik pada APEC 2014.

Presiden Cina Xi Jinping secara langsung telah menyampaikan pujiannya ke SBY dan Presiden sudah mengatakannya kepada saya. (Fik/Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini