Sukses

Ingin Ekspor Maju, Mendag Pelajari Sukses Gangnam Style

"Gangnam style merupakan eksportasi budaya yang didorong oleh kekuatan ekonomi Korsel," kata Mendag Gita Wirjawan.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan angkat bicara soal pernyataan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye yang sempat membanggakan tarian gangnam style dalam forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) Indonesia 2013.

Gangnam style menjadi salah satu contoh perkembangan inovasi dan kreatifitas dari setiap individu yang akhirnya mampu berkontribusi terhadap perekonomian Negeri Ginseng tersebut.

"Gangnam style merupakan eksportasi budaya yang didorong oleh kekuatan ekonomi Korsel. Ini yang akan kami pelajari," ucap gita usai Press Conference di Nusa Dua, Bali, Selasa (8/10/2013).

Lebih jauh Gita mengatakan, Indonesia dan Korsel selama ini telah banyak menggelar pertemuan bilateral. Pertemuan kedua negara bertetangga ini telah banyak melahirkan kerja sama bidang ekonomi. Salah satu keinginan yang diharapkan segera terwujud adalah ditandatanganinya Komprehensif Partnership Agreement antara kedua negara.

"Kami akan mengupayakannya dalam beberapa hari ini. Juga peningkatan investasi di industri manufaktur, elektronik, otomotif dan sebagainya. Nanti peningkatannya akan dibantu pengusaha Korea," ucapnya.     

Seperti dilketahui, Park Geun-hye sebelumnya sempat memuji lagu dan tarian `Gangnam Style` sebagai salah satu contoh ekonomi kreatif yang nyata dan mendunia. Bakat dan ide kreatif tersebut harus dikembangkan dan kemudian diselaraskan dengan pertumbuhan ekonomi.

Sebagai contoh, 'Gangnam Style' yang awalnya hanya lagu dan tarian biasa kemudian dapat merambah ke dunia internasional lewat bantuan teknologi.

"View lagu `Gangnam Style` menembus angka 7 miliar di dunia sosial media, salah satunya dari youtube," ungkapnya.(Fik/Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.