Sukses

Gaikindo Mimpi Otomotif RI Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara

Gaikindo berambisi membawa industri otomotif Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berambisi membawa industri otomotif Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Target ini menyusul pencapaian produksi dan penjualan otomotif nasional pada tahun lalu.

Wakil Ketua Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Indonesia International Motor Show 2013, Johny Darmawan mengatakan, di tengah situasi ekonomi Indonesia yang sulit di periode semester II, industri otomotif  masih dalam kondisi stabil.

"Capaian positif tahun lalu, produksi kendaraan roda empat menembus 1,065 juta unit atau naik 27,1% dibanding 2011. Sedangkan produksi kendaraan bermotor periode Januari-Juli 2013 mencapai 692,86 ribu unit," ujar dia saat membuka IIMS di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Dari sisi permintaan, Johny menyebut, minat membeli mobil dari masyarakat masih cukup tinggi seiring dengan peningkatan daya beli.

Tercatat hingga akhir tahun lalu, pasar kendaraan bermotor roda empat mencapai 1,116 juta atau menguasai 32,3% pangsa pasar di ASEAN yang mencapai sekitar 3,454 juta unit.

"Sedangkan periode di Januari-Juli 2013, penjualan mobil sudah terealisasi sekitar 714 ribu unit.  Dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 6% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, kami yakin industri otomotif Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dalam waktu yang tidak lama lagi," tutur dia.

Salah satu cara mendongkrak penjualan mobil, dan komponen pendukungnya melalui ajang pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, IIMS 2013.

"IIMS bisa menjadi ajang untuk memotret kemajuan industri otomotif secara umum sehingga mampu menarik minat investor asing, terutama di industri otomotif di negara ini," tutur dia. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini