Sukses

Satu Rahasia yang Bisa Bikin Anda Jadi Pengusaha Sukses

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses ternyata bukan modal yang besar dan inovasi yang paling dibutuhkan. Lalu apakah itu?

Kebanyakan orang berpikir bahwa hal yang bisa membuat seorang pengusaha sukses adalah kemampuan berinovasi. Meski begitu, banyak perusahaan yang berdiri dengan bercermin dari model bisnis yang sudah ada.

Seperti dikutip dari Inc.com, Sabtu (13/7/2013), penulis buku Business to Business, Geoffrey James mengatakan inovasi juga bisa merupakan variasi penyediaan produk dan jasa pada konsumen. Menjadi inovatif memang membantu, tapi bukan faktor penentu dalam berbisnis.

Bicara soal modal, bisnis apapun tak akan bisa berdiri tanpa uang. Meski begitu, masih banyak pengusaha yang mampu menjalankan perusahannya dengan dana tipis dalam beberapa tahun pertama.

Kemampuan manajemen tentu bukan faktor penentu kesuksesan para entrepreneur. Para calon pengusaha baru biasanya tak punya banyak waktu untuk melatih para pegawainya. Jika mereka mau sedikit bermain politik, para calon pengusaha ini tak perlu repot-repot memulai perusahaan baru, dan bisa masuk ke perusahaan besar manapun.

Bukan uang atau inovasi, menurut James, hal terpenting yang harus dimiliki setiap entrepreneur hebat adalah keberanian.

Berbagai survei pada populasi yang cukup besar menyatakan keberanian berbisnis lebih penting dari hal manapun. Sementara sebagian besar orang lain mengatakan, rasa aman lebih penting.

Banyak orang bisa menahan diri dengan lingkungan disekitarnya seperti bos yang terlalu galak atau pekerjaan yang tak menyenangkan, selama dirinya masih merasa aman.

Namun James mengatakan, entrepreneur tak pernah bersikap seperti itu. Para entrepreneur cerdas selalu berani untuk berhenti jadi pegawai dan berusaha jadi bos di perusahaan sendiri.

Untuk mendirikan sebuah bisnis baru, Anda juga dituntut berani mengeruk semua tabungan Anda. Belum lagi Anda harus berhadapan dengan berbagai risiko kegagalan saat memulai usaha, tentu saja untuk tetap maju Anda harus punya keberanian yang besar.

Mewujudkan impian Anda dengan berbagai ketakutan pasti tak akan mendatangkan keberhasilan. Yang paling berat adalah saat Anda harus rela menyerahkan tugas perusahaan karena kemampuan Anda sudah tak mampu mengatasinya.

Yang paling penting adalah memiliki keberanian yang kuat, mulai dari berencana, berinovasi, menanam modal hingga mendirikan dan mengelola sebuah bisnis baru. Para entrepreneur cerdas dan hebat selalu memilikinya. Jika tidak, makan

Keberanianlah yang membuatnya mampu mengorbankan segala hal, menghadapi sejumlah risiko bisnis dan mengelola bisnis baru dengan lancar. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.