Sukses

Antisipasi Angkutan Lebaran 2013, Kemenhub Tambah 2 Set Kereta

Kementerian Perhubungan pada tahun ini menambah 2 set kereta ekonomi (K3 AC) senilai Rp 80 miliar untuk mengantisipasi angkutan Lebaran 2013.

Meski masih lama, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mulai menyiapkan armada angkutan Lebaran di 2013 ini.

Kemenhub pada tahun ini akan menambah 2 set kereta ekonomi (K3 AC) senilai Rp 80 miliar.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, mengatakan penambahan sarana ini adalah untuk persiapan Lebaran tahun 2013.
 
"K3 AC ini seperti contohnya Bogowonto. Memang sengaja kita tambah juga untuk persiapan Lebaran tahun ini. Kalau soal namanya, belum kepikiran," kata Tundjung, Selasa (19/2/2013).
 .
Tahun lalu, Kemenhub telah menambah 2 set kereta K3 AC yang masih belum beroperasi. Dengan rencana pembelian tahun ini, maka akan ada tambahan 40 gerbong dari 4 set kereta K3 AC baru.

Selain menambah sarana, Kemenhub juga menambah prasarana infrastruktur jalur kereta, salah satunya dengan membangun rel ganda (double-track) senilai Rp 9,8 triliun.

Dia menargetkan pembangunan rel ganda tersebut selesai maksimal akhir 2013. Namun, upaya mengantisipasi besarnya arus mudik ke Jawa Tengah, Semarang dan Jogjakarta, rel ganda sampai Semarang direncanakan siap beroperasi Juli, atau maksimal jelang lebaran.
 
"Kalau jalur yang sampai Semarang targetnya awal bulan Juli, atau maksimal sebelum Lebaran sudah bisa beroperasi. Karena arus mudik masih akan santer ke timur, Semarang, Jogjakarta," tutur dia. (Est/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.