Sukses

Pemerintah Harus Cari Alternatif Penerimaan Cukai Selain Rokok

Sebenarnya sumber penerimaan negara ada beberapa seperti pajak, bea cukai, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta untuk mencari alternatif selain produk rokok dalam menggenjot penerimaan cukai. Pasalnya, ketergantungan terhadap cukai hasil tembakau (CHT) dinilai telah memberikan tekanan terhadap industri hasil tembakau (IHT) di dalam negeri.

Pengamat perpajakan, Yustinus Prastowo, mengatakan, sebenarnya sejak dulu target penerimaan cukai yang ditetapkan oleh pemerintah selalu tidak tercapai. Namun, baru tahun lalu penerimaan dari sisi bea cukai mencapai target, yaitu sebesar Rp 189,35 triliun dari target Rp 189,14 triliun, atau 100,11 persen.

"Penerimaan cukai memang fluktuatif. Dulu penerimaan cukai selalu tercapai, tapi 3-4 tahun agak berat. Jadi cukai rokok dan hasil tembakau tidak bisa lagi jadi andalan penerimaan negara. Harus ada alternatif," ujar dia dalam diskusi bertema Peranan Tembakau dalam Pembangunan Nasional, di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Penerimaan negara dari pajak memang jauh lebih tinggi dibandingkan penerimaan dari bea dan cukai. Namun, penerimaan negara dari cukai dinilai lebih efektif dibanding melalui pajak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komoditas Lain

Yustinus menjelaskan, sebenarnya sumber penerimaan negara ada beberapa, seperti pajak, bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Untuk kontribusi cukai dalam kepabeanan dan cukai itu dominan. Sekitar 11 persen dari total penerimaan negara dan untuk pajak mencapai 75 persen.

"Tapi ada bedanya? Jumlah WP itu ada 30 juta. Jadi ngawasin 30 juta dapat Rp 1.150 triliun. Cukai ini tidak banyak, apalagi tembakau itu hanya berapa pabrikan besar, paling lima. Itu sudah bisa dapat Rp 180 triliunan. Jadi efektif. Ngawasinnya enggak banyak, pendapatannya tinggi," jelas dia.

Sementara jika dibandingkan penerimaan cukai dari komoditas lain seperti alkohol dan lain-lain masih sangat kecil. Dengan begitu, selama ini rokok menjadi komoditas utama dan selalu jadi andalan dalam menggenjot penerimaan cukai.‎

"Sekarang penerimaan cukai di 2017 sudah 153 triliun. Kontribusi CHT terhadap penerimaan cukai itu 96 persen. Jadi yang lain itu hampir enggak ada, alkohol, etil alkohol hampir enggak ada. Kinerja penerimaan CHT realisasinya cukup tinggi walaupun 2016 tumbuh negatif," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.