Sukses

Wajib Tahu! Cara Cegah Jadi Korban Skimming ATM

Apakah ada cara untuk dapat mencegah tindak kejahatan ini agar tidak menimpa kita? Tenang, karena ternyata ada cara yang bisa Anda terapkan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia kembali diresahkan oleh tindak kejahatan pencurian. Tak tanggung-tanggung, pencurian yang satu ini langsung menyerang perangkat mesin ATM dan tentu sangat mengkhawatirkan. Pencurian ini dinamakan skimming, yaitu pencurian informasi seperti nomor PIN dan akun nasabah melalui ATM.

Akan tetapi, ternyata skimming bukanlah sebuah teknologi baru. Nyatanya, skimming telah ada sejak 10 tahun lalu, yang kemudian jatuh pada tangan-tangan yang salah dan mengakibatkan timbulnya tindak kejahatan yang menggunakan teknologi skimming.

Para penjahat skimming mampu mendapatkan data dari para nasabah secara real time dengan menggunakan dua perangkat yang masing-masing diletakkan di tempat Anda memasukan kartu dengan cara kerja membaca garis magnetik dan nomor akun. Dan biasanya juga, terdapat kamera-kamera tersembunyi yang dimaksudkan untuk mengintai nomor PIN yang diketik oleh nasabah.

Ini tentu menjadi hal yang sangat meresahkan masyarakat. Bagaimana tidak? Beberapa waktu yang lalu, bahkan sudah ada ribuan nasabah khususnya dari PT Bank Mandiri Tbk yang menjadi korban dari kejahatan skimming ATM ini. Oleh karena itu, nasabah dianjurkan untuk dapat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi di mesin ATM.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara untuk dapat mencegah tindak kejahatan ini agar tidak menimpa kita? Tenang, karena ternyata ada cara yang bisa Anda terapkan. Penasaran? Simak cara berikut, seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Harus lebih berhati-hati memilih mesin ATM berdasarkan lokasi

Anda harus menghindari untuk bertransaksi menggunakan ATM di pusat perbelanjaan, toko-toko, restoran, terutama bandara yang sangat rentan terhadap kasus pencurian.

Intinya, hindari untuk menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di luar dari Bank. Salah satu contoh kasus skimming ATM ini pernah terjadi di salah satu toko populer di Florida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan lupa untuk lebih teliti dalam memperhatikan kondisi ATM

Ya, ketelitian juga merupakan faktor penting untuk menghindarkan Anda dari kasus skimming ATM. Sebelum menggunakan mesin ATM, Anda dianjurkan untuk memeriksa keasilan slot kartu dan bukan tempelan. Anda bisa lebih peka untuk merasakaan keanehan saat memasukkan kartu ke mesin ATM.

3. Selalu menutupi tangan saat memasukkan PIN

Ketika Anda memasukan nomor PIN, mungkin Anda sudah merasa aman ketika tidak ada satu orang pun yang berada dekat Anda. Namun, jangan lupa bahwa kamera pengintai bisa saja sedang memantau aktivitas Anda secara diam-diam dan akhirnya bisa mengetahui password Anda.

3 dari 3 halaman

4. Jangan lupa untuk mengecek saldo secara rutin

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek saldo Anda secara rutin. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, akan membuat Anda dapat dengan cepat mengetahui apabila saldo Anda berkurang dengan tidak semestinya.

Anda juga bisa mengecek mutasi rekening untuk mengetahui daftar transaksi-transaksi dan dengan mudah menganalisis jika ada transaksi-transaksi aneh yang terdapat pada akun Anda.

Kejadian ini mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam melakukan aktivitas apa pun, karena kejahatan akan selalu ada dan bisa menimpa kita kapan pun, di mana pun, dengan cara apa pun. Namun, janganlah terlalu khawatir, dengan kehati-hatian maka Anda telah mengurangi rIsiko hal-hal buruk yang terjadi pada diri Anda.

Semoga bermanfaat.

Mau Baca Tips Bisnis dan Keuangan Lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan Klik Laruno.id 

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini