Sukses

Harta Orang Terkaya Dunia Tergerus Rp 979 Triliun dalam Satu Hari

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kekayaan dari 500 orang terkaya dunia merosot pada penutupan perdagangan Kamis lalu. Tidak tanggung-tanggung, jumlah harta yang hilang mencapai USD 71 miliar atau setara Rp 979 triliun.

Hal ini terjadi akibat adanya ketakutan investor akan adanya perang dagang (trade war) antara Amerika Serikat (AS) dan China. Faktor ini dipicu setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penerapan tarif impor terhadap barang-barang dari China.

Miliarder yang harus kehilangan kekayaan dalam jumlah besar adalah pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffett. Dilaporkan Bloomberg, Jumat (23/3/2018), Sang Oracle of Omaha ini harus rela kekayaannya amblas USD 3,02 miliar dalam satu hari.

Selain Buffett, bos Amazon Jeff Bezos juga turut terkena imbas akan hal ini. Kekayaan pria satu ini hilang USD 3,01 miliar saat penutupan perdagangan.

Sementara miliarder Asia yang paling terkena imbas adalah CEO Tencent Ma Huateng. Bos dari WeChat ini kehilangan USD 2,16 miliar.

Sebelumnya, Trump menginstruksikan kepada Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer untuk menerapkan tarif terhadap barang-barang impor dari China senilai kira-kira USD 50 miliar.

Ini ditandai dengan ditekennya memo eksekutif di Gedung Putih. Perwakilan Perdagangan AS pun mengajukan daftar produk yang akan dikenakan tarif lebih tinggi. Pengumuman kebijakan tersebut membuat saham-saham AS berguguran, yang paling parah adalah pabrikan pesawat AS Boeing Co.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.