Sukses

Negara dengan Penduduk Paling Bahagia di ASEAN, Siapa Jawaranya?

Penilaian negara dilakukan berdasarkan enam variabel utama yakni pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial dan kemurahan hati.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Sustainable Development Solutions Network baru saja merilis hasil survei terbaru bertajuk World Happiness Report. Laporan tersebut mengukur kebahagiaan penduduk dari berbagai negara di dunia termasuk yang ada di Asia Tenggara.

Dari seluruh negara Asia Tenggara yang di survei, Singapura mampu menempati peringkat teratas sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Jika dibandingkan dengan laporan keseluruhan, Negeri Singa ini berada di 34.

Dilansir dari Asiaone.com, Sabtu (17/3/2018), menyusul di belakang Singapura adalah Malaysia yang duduk di peringkat 35. Sementara Thailand berada di bawahnya yakni di peringkat 46.

Sayang, Indonesia harus tertinggal jauh di belakang dan menempati ranking 96. Di atas persis Indonesia ada Vietnam di peringkat 52. Negara Asia Tenggara lain yang masuk dalam daftar adalah Nepal di peringkat 101, Laos di 110, Sri Lanka di 116 dan Myanmar di 130.

Di seluruh Asia, peringkat pertama ditempati oleh Israel yang duduk di peringkat 11. Menyusul di belakangnya adalah Uni Emirat Arab yang ada di peringkat 20.

Penilaian negara dilakukan berdasarkan enam variabel utama yang mendukung kesejahteraan yakni pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial dan kemurahan hati.

"Lima negara teratas memiliki nilai yang hampir sama tingginya untuk enam faktor pendukung kebahagiaan, sementara 4 negara yakni Denmark, Swiss, Norwegia dan Finlandia berada di posisi atas dalam enam peringkat World Happiness Report, "ungkap co-editor John Helliwell, seorang profesor emeritus ekonomi di University of British Columbia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini