Sukses

Menkominfo Janjikan Alat Pemantau Taksi Online Kelar Pekan Depan

Menkominfo Rudiantara mengakui, waktu pembuatan alat pemantau taksi online membutuhkan waktu cukup lama.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan alat pemantau (dashboard) taksi online akan rampung pada pekan depan.

"Insya Allah minggu depan aplikasinya sudah selesai. Tinggal nanti teman-teman yang punya aplikasinya mengumpulkan data itu dari masing-masing mitranya," ujar dia di Kempinski Grand Ballroom Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Pada aplikasi baru tersebut, ia menjelaskan, akan ada penambahan beberapa item komponen baru yang masuk ke dalam sistem. Mulai dari data nomor mobil hingga identitas pengemudinya.

Rudiantara mengakui, waktu pembuatan alat pemantau tersebut mundur dan membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini demi mengumpulkan data seperti identitas pengemudi. Data-data tersebut dimiliki mitra koperasi.

Adapun perihal kebijakan akhir terkait taksi online, ia menyerahkan mandatnya kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kalau untuk kebijakan transportasinya tentunya Kemenhub yang punya kebijakan. Kalau saya kan bukan regulatornya transportasi. Tugas saya membantu menyediakan alat, menyediakan tools dalam bentuk dashboard," tekan dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Batasi Taksi Online, Saham Operator Taksi Melonjak

Saham operator taksi mampu mencatatkan kenaikan tajam di tengah laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah sepanjang sesi pertama perdagangan saham Rabu pekan ini.

Berdasarkan data RTI pada sesi pertama, Rabu (14/3/2018), IHSG melemah 36,30 poin atau 0,57 persen ke posisi 6.376. Ada sebanyak 194 saham melemah sehingga menekan IHSG. Sedangkan 132 saham menguat dan 113 saham diam di tempat. IHSG sempat berada di level tertinggi 6.412,74 dan terendah 6.363.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 208.776 kali dengan volume perdagangan 5,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,2 triliun.

Di tengah pelemahan IHSG, saham operator taksi cenderung menguat. Ini ditunjukkan dengan saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) menguat 30,91persen ke posisi Rp 72.

Harga saham TAXI sempat berada di level tertinggi 74 dan terendah 56. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 4.263 kali dengan nilai transaksi harian saham Rp 19,5 miliar. Pergerakan saham TAXI cenderung stagnan di posisi RP 53 per saham pada 8 Maret 2018 menjadi Rp 55 pada 13 Maret 2018.

Sementara itu, saham PT Blue Bird Tbk (BIRD) naik Rp 110 atau 3,61 persen menjadi Rp 3.160 per saham. Saham BIRD sempat berada di posisi tertinggi Rp 3.250 dan terendah Rp 3.040 per saham.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 401 kali dengan nilai transaksi harian Rp 1,4 miliar. Saham BIRD sempat sentuh level 3.160 pada 8 Maret 2018. Namun, saham BIRD turun 110 poin ke posisi 3.050 per saham pada 13 Maret 2018.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menuturkan, pemerintah memberlakukan moratorium kuota angkutan umum atau taksi berbasis aplikasi dalam jaringan (taksi online) di tiap provinsi di seluruh Indonesia menjadi sentimen positif. Pemerintah menyatakan, ada moratorium kuota, jika ditemukan taksi online yang beroperasi di luar kuota akan ditindak tegas.

"Regulasi pemerintah terkait transportasi online mampu memberikan katalis positif bagi pergerakan harga saham Express dan Blue Bird," ujar Nafan saat dihubungi Liputan6.com.

"Regulasi terkait lalu lintas memang perlu ditegakkan agar tidak menimbulkan polemik dan perdebatan yang terjadi seputar Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 yang mengatur regulasi taksi online," tambah Nafan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.