Sukses

BTN Bantu Masyarakat Dapat Penerangan Listrik di Larantuka

Program elektrifikasi merupakan kegiatan menjadi perhatian BTN buat membantu masyarakat di Larantuka untuk menikmati penerangan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendukung kegiatan BUMN Hadir untuk negeri yang dilakukan di Larantuka dan Kupang.

Program elektrifikasi merupakan salah satu kegiatan yang menjadi perhatian perseroan dalam membantu masyarakat di Larantuka untuk menikmati penerangan listrik.

Program ini sekaligus untuk mendukung dan melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam mendorong kemajuan kawasan tertinggal. Kegiatan di Larantuka tersebut menjadi salah satu bagian dari bantuan yang disalurkan BTN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur BTN Nixon L Napitupulu menjelaskan perseroan sangat concern dalam membantu masyarakat sebagai wujud dan tanggung jawab Corporate Social Responsibility (CSR) BTN. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari sasaran program BUMN Hadir Untuk Negeri di  NTT.

"Jadi kami sangat mendukung program ini agar bagaimana dengan kegiatan ini masyarakat di Larantuka dapat menikmati listrik," jelas dia di sela-sela acara penyerahan bantuan CSR bersama Kementrian BUMN di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT seperti dalam keterangan tertulis Kamis (8/3/2018).

BTN memberikan sejumlah bantuan ke provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki 7 pulau terluar. BTN menyerahkan bantuan secara langsung ke masyarakat berupa elektrifikasi yang disalurkan untuk 305 rumah, pembangunan 10 rumah pejuang integrasi ex Timor Timur dan sejumlah pembangunan fisik lainya. Penyerahan bantuan dilakukan saat kunjungan Menteri BUMN, Rini M. Soemarno ke Kupang dan Larantuka, NTT yang berlangsung sejak 6 Maret lalu.

Selain itu bantuan juga diberikan di wilayah Kupang. Pada wilayah tersebut BTN menyerahkan bantuan berupa renovasi dan pembangunan rumah para pejuang integrasi ex Timor Timur sebanyak 10 unit rumah.

 

Saksikan Video Piilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersinergi dengan PLN

Sementara di Larantuka,BTN bersinergi dengan PLN menyalurkan listrik ke setidaknya 305 KK yang tinggal di kecamatan Tanjung Bunga, Ujung Timur Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Bantuan elektrifikasi BUMN Hadir Untuk Negeri di NTT dilakukan di enam desa yang meliputi Desa Kolaka, Desa Bahinga, Desa Bandona, Desa Waibao, Desa Lewobunga dan Desa Nusa Nipa.BTN fokus pada tiga desa, yaitu Desa Waibo, Nusa Nipa dan Lewobunga, Dengan kegiatan yang dilakukan oleh perseroan di wilayah tersebut, maka rasio elektrifikasi di tiga Desa tersebut total bisa mencapai 60,63 persen.

Sementara itu Menteri BUMN Rini M Soemarno menjelaskan listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga dengan bantuan yang diberikan tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat. Ini merupakan bentuk nyata BUMN hadir untuk masyarakat di wilayah Larantuka, NTT.

Pemerintah terus mendorong peningkatan rasio elektrifikasi desa terutama di daerah 3T. "Terima kasih kepada PLN dan BTN yang sudah hadir, berkontribusi bagi masyarakat di Larantuka, khususnya Kecamatan Tanjung Bunga," tambah Rini.

Menurut Rini saat ini rasio elektrifikasi provinsi NTT sebesar 53,1 persen atau terendah kedua setelah Papua 52,4 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.