Sukses

Cinta Serangga, Miliarder Ini Punya Koleksi Kumbang Terbanyak di Dunia

Milarder David Rockefeller sangat menggemari serangga dan fokus mengkoleksi hingga 90 ribuan kumbang.

Liputan6.com, Jakarta - Tutup usia pada 20 Maret 2017, salah satu orang terkaya di dunia, David Rockefeller meninggalkan cerita unik semasa hidupnya. Tak melulu soal bisnis dan uang, Rockefeller ternyata sangat menggemari serangga dan fokus mengkoleksi hingga 90 ribuan kumbang yang dipelihara di ratusan ruang kedap udara buatan di tempat tinggalnya, Pocantico Hills.

Melansir laman Forbes, Jumat (23/2/2018), karena hobi uniknya tersebut, Rockefeller juga dikenal sebagai salah satu kolektor serangga terbanyak di dunia. Pria yang meninggal di usia 101 tahun ini bahkan pernah meminta beberapa ahli serangga untuk membuat katalog dari seluruh kumbang koleksinya.

Dari ceritanya pada salah satu pakar serangga, Rockefeller pertama kali menangkap kumbang sepanjang satu inch saat berusia tujuh tahun pada 1922. Sejak saat itu, menangkap kumbang menjadi hobinya, dan miliarder ini selalu membawa pulang kumbang tangkapannya.

80 tahun sejak koleksi kumbang pertamanya, Rockefeller terus membangun koleksinya dengan upaya-upaya yang lebih serius. Ia mendanai berbagai ekspedisi dengan imbalan sebagian dari tangkapan kumbang. Tak hanya itu, David Rockefeller juga aktif mencegah penjualan kumbang-kumbang langka.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita Selanjutnya...

Seiring bertambahnya usia, David Rockefeller bahkan tak takut bergabung di salah satu ekspedisi yang disponsorinya. Kumbang langka di dataran Meksiko yang belum diketahui spesiesnya bahkan diberi nama seperti namanya, Diplotaxis rockefelleri.

Seluruh ekspedisi yang ditenggarainya kini tercatat telah berhasil menemukan hingga 150 spesies kumbang baru. Total 9.000 spesies kumbang yang menjadi koleksinya kini tinggal permanen di Museum of Comparative Zoology, Harvard.

Secara pribadi, cucu miliarder pertama di Amerika Serikat ini mengkoleksi sedikitnya 500 spesies kumbang yang berasal dari 23 negara berbeda. Koleksi Rockefeller yang luar biasa ini dapat menjadi koleksi bersejarah yang pernah ada.

Sekadar informasi, Rockefeller merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Di usianya yang ke-101 tahun, Rockefeller mencatatkan namanya sebagai salah satu mililarder tertua di dunia.

David Rockefeller merupakan salah satu pewaris tahta keluarga Rockefeller yang sejak lama tersohor sebagai keluarga terkaya di dunia. Hartanya tercatat mencapai US$ 3,3 miliar saat ia tutup usia tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.