Sukses

Jokowi Resmikan Pembangun Tol Padang-Sicincin

Ruas Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru merupakan bagian dari 24 ruas yang ada terdapat pada Tol Trans Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Padang-Bukittinggi-Pekanbaru tahap 1 yakni Padang-Sicincin. Peresmian pembangunan dilaksanakan di lokasi proyek yaitu di Jalan Padang Bypass Km 28.

Direktur Utama PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, pihaknya siap menyelesaikan ruas ini sesuai target.

"Padang-Bukittinggi-Pekanbaru nantinya akan membentang sepanjang kurang lebih 244 km. Kita mulai dari Padang ke Sicincin sepanjang 28 km," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (8/2/2018).

Proyek tol tersebut masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional dan pengerjaannya akan dilakukan dalam beberapa tahap hingga tahun 2025.

"Tahap pertama Padang-Sicincin, kemudian dari Sicincin ke Payakumbuh sepanjang 78 km, menuju Payakumbuh-Pangkalan sepanjang 45 km, lalu dari Pangkalan ke Bangkinang sepanjang 56 km, dan akhirnya Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 37 km," terang Putra.

Dia mengatakan, total investasi TolPadang-Bukittinggi-Pekanbaru adalah Rp 78,09 triliun. "Untuk tahap pertama Padang-Sicincin sendiri kurang lebih sekitar Rp 4,88 triliun," imbuh Putra.

Khusus untuk Seksi 3 Payakumbuh-Pangkalan, pendanaannya direncanakan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan peminjaman langsung (direct lending) ke Hutama Karya.

"Selain direct lending, direncanakan juga akan ada pinjaman ke pemerintah khusus untuk konstruksi terowongan di seksi ini sebanyak 5 buah dengan total panjang 8,95 km," tambah Putra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Trans Sumatera

Ruas Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru merupakan bagian dari 24 ruas yang ada terdapat pada Tol Trans Sumatera.

Sementara, beberapa ruas Trans-Sumatera kini telah beroperasi, seperti ruas Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 (Helvetia-Semayang-Binjai) sepanjang 11 km, Palembang-Indralaya Seksi 1 (Palembang-Pamulutan) sepanjang 8 km.

Selain itu juga Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 (Segmen SS Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni) sepanjang 9 km, serta Paket 2 (Segmen Kotabaru-Lematang) sepanjang 5 km.

"Jalan Tol Trans Sumatera merupakan salah satu megaproyek yang sangat strategis keberadaannya untuk memaksimalkan konektivitas antar daerah di Sumatera yang pada gilirannya akan membawa pertumbuhan ekonomi baik regional maupun nasional," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini