Sukses

9 Tanda Anda Sebaiknya Resign dari Pekerjaan, Apa Saja?

Jika Anda sedang memikirkan untuk resign atau tidak dari pekerjaan, cobalah untuk memerhatikan diri terlebih dahulu. Anda bisa mengenalinya

Liputan6.com, Jakarta - Tidak selamanya Anda harus bekerja di satu tempat yang sama. Anda bisa mencoba untuk pindah ke tempat lainnya jika dirasa akan membuat Anda bahagia dan masa depan terjamin baik.

Jika Anda sedang memikirkan untuk resign atau tidak dari pekerjaan, cobalah untuk memerhatikan diri terlebih dahulu. Anda bisa mengenalinya lewat tanda-tanda.

Berikut ini yang dapat menjadi alarm mengapat sebaiknya mengundurkan diri dari pekerjaan, seperti yang dikutip dari Cermati.com:

1. Sering Merasakan Malas

Salah satu tanda yang paling terlihat jika Anda merasa bosan dan harus mengundurkan diri dari pekerjaan adalah jika Anda selalu merasa malas.

Jika setiap pagi Anda merasa tidak ada energi untuk berangkat ke kantor, hal ini menandakan jika Anda tidak bahagia dengan pekerjaan sekarang.

Cari tahu apakah yang menyebabkan kondisi ini terjadi dan carilah solusinya. Jika memang tidak ada solusi yang tepat, akan lebih baik segera mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. (Baca Juga: Penyakit TBC: Apa Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Tepat)

2. Bekerja karena Terpaksa

Tentunya setiap orang menginginkan pekerjaan yang selama ini diidam-idamkannya. Namun, apa jadinya jika Anda bekerja di luar dari yang Anda inginkan?

Misalnya, Anda memiliki keinginan menjadi pilot. Namun, dikarenakan hal-hal tertentu, Anda bekerja menjadi staf marketing di sebuah perusahaan.

Padahal, hal tersebut bukanlah sesuatu yang Anda sukai. Jika memang rasa terpaksa ini terjadi secara terus-menerus dan tidak ada perubahan, ingat jika Anda punya pilihan untuk resign. Tentunya tidak mungkin jika Anda selamanya bekerja dengan kondisi terpaksa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Merasa Sendirian di Tengah Keramaian

Kebanyakan anak muda saat ini memiliki pemikiran yang idealis sehingga sering kali banyak ide yang muncul dari dalam pikiran. Sangat wajar jika sesekali pendapat Anda tidak didengar atasan.

Namun, jika hal serupa ini juga dilakukan rekan-rekan kerja Anda, bahkan sering menganggap Anda aneh, hal ini menunjukkan bahwa lingkungan kantor tersebut memang tidak cocok dengan Anda. Akan lebih baik jika Anda pindah dan mencari perusahaan yang memang membuat Anda merasa diterima.

4. Skill Anda Tidak Berkembang

Pada dasarnya, pekerjaan mempunyai dua tujuan, yaitu earn dan to learn. Pekerjaan yang ideal adalah jika Anda bisa mendapatkan penghasilan sekaligus juga belajar.

Jika Anda tidak mendapat pembelajaran yang membuat skill berkembang, mungkin kali ini sudah waktunya Anda keluar dan mencari pekerjaan yang baru. Tentu saja Anda tidak ingin bukan kalau tidak berkembang sama sekali?

3 dari 5 halaman

5. Kehilangan Waktu untuk Diri Sendiri

Mungkin Anda menikmati pekerjaan dengan menyita banyak waktu. Namun, jika pekerjaan tersebut sampai membuat Anda tidak memiliki waktu untuk sekadar berkumpul bersama keluarga dan teman, tentu saja hal ini jadi pertimbangan Anda untuk resign.

6. Tidak Ada Jenjang Karier Ke Depannya

Ketika mulai bekerja, tentunya semua orang menginginkan jika kariernya dapat menanjak ke depannya dan mencapai kesuksesan. Namun, jika Anda terperangkap dalam perusahaan yang memiliki politik nepotisme yang tinggi, tentu saja impian ini akan sulit diraih.

Jika tidak dekat dengan atasan, mungkin tidak ada kesempatan bagi Anda untuk bisa naik jabatan. Jika tanda-tanda ini sudah terlihat, akan lebih baik segera mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut.

4 dari 5 halaman

7. Kondisi Keuangan Perusahaan Berubah-Ubah

Sebagai karyawan, penting untuk mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Jika kondisi keuangan berubah-ubah alias tidak stabil, bahkan mengarah menuju kebangkrutan, akan lebih baik Anda segera keluar dari perusahaan tersebut. Intinya, jangan sampai Anda ikut terjebak dan mati di dalamnya.

8. Stres karena Pekerjaan Hingga Memengaruhi Kondisi Fisik

Pekerjaan dan lingkungan yang kurang sehat tentunya akan memberikan dampak negatif pada fisik dan mental. Stres dapat hadir di mana pun, baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Jika pekerjaan Anda mulai memengaruhi kondisi fisik dan mental, akan lebih baik untuk segera keluar dari perusahaan tersebut.

5 dari 5 halaman

9. Sifat Berubah Menjadi Negatif

Sebelumnya, Anda adalah orang yang optimis dan selalu berpikir positif. Namun, sifat Anda berubah menjadi negatif setelah masuk ke dalam perusahaan tersebut.

Jika demikian, akan lebih baik untuk segera mengajukan resign. Hal ini menjadi solusi yang baik dibandingkan Anda harus menjadi lebih buruk lagi ke depannya.

Cari Pekerjaan yang Memberikan Dampak Positif

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah di tengah ketatnya persaingan. Namun, hal paling penting yang perlu Anda tanamkan dalam pikiran adalah mencari pekerjaan yang menyenangkan dan dapat memberikan dampak positif ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini