Sukses

Wajib Coba! 5 Cara Menambah Penghasilan dengan Cepat

Bagi Anda yang sudah mulai menabung dan ingin cepat menambah nilai tabungan, ikuti beberapa strategi berikut untuk menambah tabungan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Anda merasa tabungan tidak cepat bertambah? Jangan kan bertambah, malah berkurang dari hari ke hari karena berbagai kebutuhan rutin maupun mendadak. Selain itu, harga-harga selalu naik, sementara penghasilan tetap pas-pasan.

Sudah tepat jika Anda mengevaluasi nilai tabunganmu. Maklum, tabungan merupakan salah satu aset yang menentukan seberapa kayanya Anda agar Anda bisa membeli sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan.

Semakin dini Anda mengevaluasi dan menyiapkan diri dengan memperbanyak tabungan, semakin cepat Anda bisa memperoleh target keuangan.

Bagi Anda yang sudah mulai menabung, dan ingin cepat menambah nilai tabungan,  ikuti beberapa strategi berikut untuk menambah penghasilan dan tabungan dengan cepat, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id

1. Mulai cari penghasilan tambahan

Kalau Anda merasa sulit untuk mengurangi pengeluaran, maka sudah saatnya Anda menambah penghasilan Anda. Selain berharap dari kenaikan gaji (bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan), Anda juga bisa mencoba untuk membuat bisnis sampingan kecil menengah. Kalau penghasilan Anda sudah naik, jangan lupa untuk tetap berhemat ya. 

2. Coba hilangkan pengeluaran yang tidak penting

Pengeluaran yang tidak penting atau tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan untuk Anda hidup sehari-hari. Kalau Anda sering menghamburkan uang untuk makan junk food, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri daripada meningkatkan penghasilan bulanan Anda, bukan?

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pakai fasilitas auto-deposit dari bank

Anda bisa memanfaatkan fasilitas auto-deposit yang disediakan oleh bank untuk memindahkan secara otomatis sejumlah tertentu dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan.

Dengan fasilitas ini, Anda akan dibuat ‘seolah’ lupa dengan jumlah uang yang dipindahkan otomatis tersebut sehingga dana tersebut aman dari jangkauanmu untuk digunakan. Selain itu Anda bisa menabung dengan fasilitas tabungan tetap seperti layanan tabungan berjangka.

4. Tabung uang receh

Saat Anda membayar untuk makan siang di kantin atau belanja snack di supermarket, seringkali Anda mendapat kembalian dalam bentuk receh. Kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Anda akan terkejut sendiri berapa jumlah yang berhasil Anda kumpulkan dalam satu tahun.

Misalkan Anda menabung receh setiap hari sebesar Rp 1.000. Dalam satu bulan (30 hari), Anda dapat mengumpulkan receh hingga Rp 30 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 1 tahun (12 bulan) adalah Rp 360 ribu. Meskipun tidak banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan Anda.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Syarat Slip Gaji

3 dari 3 halaman

5. Tabung penghematan dari diskon dan cashback

Cara ampuh lainnya adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan program diskon atau cash back. Kalau Anda berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, Anda akan sering menjumpai toko atau supermarket yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit tertentu untuk program diskon atau cash back.

Jumlah diskon atau cash back ini membantu dalam menambah meningkatkan penghematan yang bisa Anda lakukan setiap bulan. Segera masukkan jumlah tersebut ke dalam rekening tabungan Anda untuk menambah nilai tabunganmu agar Anda tidak tergoda untuk menggunakannya di pengeluaran yang lain.

Pastikan Anda menerapkan prinsip hidup hemat untuk menjamin tabungan Anda dapat bertambah dengan lebih cepat. Jika Anda sedang mencari kartu kredit yang tepat untuk membantu penghematan Anda, maka gunakanlah situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.