Sukses

PUPR Umumkan Hasil Audit Robohnya LRT Pekan Ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengaudit robohnya box girder proyek LRT Velodrome-Kelapa Gading.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengaudit gagal kontruksi atau robohnya box girder proyek LRT Velodrome-Kelapa Gading pada Senin dini hari 22 Januari 2018. Hasil audit akan disampaikan ke publik Jumat pekan ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, beberapa peristiwa gagal konstruksi menjadi perhatian Kementerian PUPR. Sebab itu, pemerintah melakukan audit peristiwa ini.

"Kita sedang diaudit oleh Balitbang untuk sepertinya halnya kemarin Batang-Semarang sudah ketemu, BEI juga kita sedang diaudit, dan ketiga LRT ini," kata dia di Istora Senayan Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Selain mengumumkan hasil audit, Kementerian PUPR akan mengumumkan pembentukan Komite Keselamatan Konstruksi. Komite ini nantinya akan memiliki peran seperti halnya Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Komite tersebut akan memiliki peran mengaudit masalah.

"Jadi sambil menyampaikan hasil auditnya, kita launcing juga Komite Keselamatan Kontruksi. Jadi Komite Keselamatan Kontruksi ini seperti KNKT itu," ujar dia.

"Di dalamnya ada pakar, bukan hanya PU sehingga independen," tambah Basuki.

Basuki mengatakan, ada sejumlah sanksi jika kontraktor terbukti bersalah. Sanksi tersebut bertingkat seperti diatur Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

"Ada 5 tingkatan dalam UU Nomor 2 Jasa Kontruksi ada 5 tingkatan untuk sanksi itu. Bisa peringatan keras tertulis, pasti ada peringatan satu, dan ada lagi. Kemudian denda, kemudian ada pembekuan sementara sampai dengan pencabutan izin. Itu di UU bukan pidana tapi perdata," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konstruksi LRT di Kayu Putih Jatuh

Sebelumnya, konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di daerah Kayuputih, Pulo Gadung, Jakarta Timur, jatuh pada Senin 22 Januari 2018 dini hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dalam akun Twitter-nya mengungkap, insiden tersebut mengakibatkan lima orang terluka.

"INFO JATUHNYA KONSTRUKSI LRT Senin, 22 Januari 2018, pukul 00.10 WIB. (Situasinya) dalam penanganan," tulis BPBD DKI Jakarta tanpa menjelaskan penyebab terjadinya insiden itu.

Jalur LRT yang roboh merupakan bagian dari penghubung Kelapa Gading-Velodrome yang rencananya digunakan sebagai persiapan menghadapi penyelenggaraan Asian Games tahun ini.

Proyek transportasi massal yang menghabiskan anggaran Rp 57 miliar itu sudah mulai dikerjakan sejak pertengahan 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • Kementerian PUPR adalah salah satu kementerian yang membidangi urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

    Kementerian PUPR

  • PUPR