Sukses

Awal Pekan, Harga Cabai dan Bawang Merah Turun

Penurunan harga merupakan imbas dari pasokan yang mencukupi, khususnya dari Pasar Induk Kramat Jati.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, relatif stabil. Bahkan, beberapa jenis sayuran turun harga jika dibandingkan dengan awal Januari lalu.

Yuni (39), salah satu pedagang di Pasar Minggu, mengungkapkanharga sayuran yang turun yakni cabai rawit merah, bawah merah, dan bawang putih. Untuk cabai rawit merah yang awal tahun sempat mencapai Rp 60 ribu per kg, kini berada di kisaran Rp 45 ribu per kg.

Untuk bawang merah, dari sebelumnya sebesar Rp 30 ribu-Rp 35 ribu, ucap dia, kini sudah turun menjadi Rp 20 ribu per kg. Demikian juga bawah putih, turun menjadi 23 ribu per kg dari sebelumnya sempat menyentuh angka Rp 27 ribu per kg.

"Ini lagi stabil, malah ada yang turun seperti cabai bawang, cabai rawit merah. Kalau dibandingkan awal tahun atau dua minggu lalu, lumayan turunnya," ujar Yuni saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Menurut dia, penurunan harga tersebut merupakan imbas dari pasokan yang mencukupi, khususnya dari Pasar Induk Kramat Jati. Selain itu, harga di pasar tersebut juga relatif mengalami penurunan di awal pekan ini.

Yuni mencontohkan, dirinya membeli cabai rawit merah yang dikirim dari Kramat Jati seharga Rp 30 ribu-Rp 35 ribu per kg. Sedangkan bawang merah dibeli sebesar Rp 10 ribu-Rp 12 ribu per kg.

"Kalau di sana turun, kita jualnya juga turun. Jadi tergantung harga di pasar induk. Kalau lagi turun begini biasanya pasokannya lagi banyak," ucap dia.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Harga

 

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Cabai rawit merah Rp 45 ribu per kg

- Cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg

- Cabai merah keriting Rp 43 ribu per kg

- Cabai merah besar Rp 38 ribu per kg

- Bawang merah Rp 20 ribu per kg

- Bawang putih Rp 23 ribu pe‎r kg

- Sawi Rp 10 ribu per kg

- Tomat Rp 12 ribu per kg

- Kol Rp 8.000 per kg- Timun Rp 6.000 per kg‎

- Kentang Rp 13 ribu per kg

- Wortel Rp 10 ribu per kg

- Kacang panjang Rp 12 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.