Sukses

KEIN Yakin Ekonomi RI Tumbuh Lampaui Target

Sejumlah momen positif diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) optimistis pertumbuhan ekonomi nasional melampaui target pemerintah sebesar 5,4 persen. Bahkan KEIN memprediksi ekonomi bisa tumbuh 5,7 persen hingga 6 persen di tahun ini.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan, sejumlah momen positif diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Di antaranya, keberadaa one belt one road (OBOR) yang diharapkan dapat memacu investasi dan perdagangan nasional.

"Kita harus memanfaatkan, negara-negara lain seperti Malaysia, Filipina sudah maksimal lebih besar memanfaatkan OBOR. Termasuk dana-dana berkaitan OBOR. Indonesia ke depan memanfaatkan," kata dia di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Pertumbuhan ekonomi juga akan terdongkrak perbaikan ekonomi global. Yang selanjutnya diharapkan bisa memacu perdagangan serta menarik investasi ke Indonesia.

"Ekonomi global yang sekarang membaik itu momentumnya Indonesia melakukan ekspor maupun mengajak investasi ke Indonesia. Sehingga pertumbuhan target pemerintah 5,4 saya yakin terlampaui. Harapan KEIN ada semacam keajaiban pertumbuhan ekonomi bisa mendekati 6 persen," papar dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun Politik

Di sisi lain, tahun politik dinilai bukan hal yang mengkhawatirkan. KEIN justru melihat, tahun politik merupakan peluang untuk menggerakan perekonomian. Lantaran, hal ini bisa mendorong peredaran uang di masyarakat dan konsumsi.

"Yang penting dari diskusi KEIN justru tahun panas yang dikatakan masyarakat tahun politik, justru di bidang ekonomi menambah pertumbuhan. Karena kegiatan politik Pilkada akan menggerakan ekonomi di daerah-daerah seluruh Indonesia konsumsi akan meningkat," ujar dia.

Namun, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, pemerintah memiliki pekerjaan rumah. Di antaranya meningkatkan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah khususnya dari sisi regulasi.

Kemudian, memacu industri andalan berbasis ekspor. KEIN menyebut ada 4 potensi industri andalan yang bisa didorong Indonesia karena ketersedian sumber daya alam dan manusia. 4 industri itu yakni agro industri, maritim, pariwisata, dan industri kreatif.

"Kita perkirakan bisa 5,7 persen kalau ada sinergi lagi di pemerintah masih ada perbedaan, bagaimana bersatu pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sinkron, sinergi. Kemudian dunia usaha yang tadinya pesimis sekarang sudah optimis. KEIN akan menjadi jembatan. KEIN kan memberikan masukan Presiden dari temuan kita," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.