Sukses

Jokowi Reshuffle Kabinet Hari Ini, Menperin Diganti?

Isu reshuffle kabinet berhembus sejak Khofifah Indar Parawansa mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan Mensos kepada Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pelantikan pejabat negara di Istana Negara hari ini pukul 09.00 WIB. Pejabat negara yang akan dilantik salah satunya yaitu posisi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang kabarnya akan diisi oleh Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna. Sekaligus menteri hasil reshuffle kabinet?

Dalam beberapa waktu terakhir, isu terkait dengan perombakan (reshuffle) kabinet memang kencang berhembus. Salah satunya karena pengunduran diri Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial.

Pengunduran diri Khofifah lantaran akan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur.

Selain Khofifah, nama Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto juga masuk dalam isu reshuffle. Hal ini karena Airlangga didapuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto.

Saat dikonfirmasi akan kabar reshuffle kabinet hari ini, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyatakan masih belum ada info pasti terkait nama-nama yang akan dilantik Jokowi hari ini.

"Belum ada info. Pejabat negara bisa KSAU," ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Selain melantik pejabat negara, pada pukul 11.00 WIB, Presiden Jokowi juga dijadwalkan menggelar upacara penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident untuk Republik Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Khofifah Mundur Ada di Jokowi

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa sudah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan Menteri Sosial kepada Presiden Jokowi. Pengunduran diri itu terkait rencana Khofifah maju sebagai calon gubernur Jawa Timur 2018.

Juru Bicara Kepresiden Johan Budi SP mengatakan, surat pengunduran Khofifah sudah ada di meja kerja Jokowi.

"Tadi Presiden di Kupang sekitar pukul 17.00 WIT, memberi penjelasan bahwa baru saja dia menerima laporan ada surat yang masuk ke meja dia dari Khofifah," ujar Johan Budi saar dihubungi Liputan6.com, Selasa (9/1/2018).

Kendati begitu, Jokowi belum mengambil keputusan terkait pengunduran diri Khofifah. Jokowi akan membuat keputusan apakah akan melakukan reshuffle kabinet dalam beberapa hari ini.

"Nanti katanya kalau sudah di Jakarta atau Kantor akan membaca dan memberikan keputusan terkait Bu Khofifah," jelas Johan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi