Kata Gubernur BI Soal Hasil Renovasi Stadion Utama GBK

Oleh Septian Deny pada 14 Jan 2018, 20:43 WIB
Suporter Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kini memiliki wajah baru usai dilakukan renovasi besar-besar. Peresmian selesainya renovasi tersebut pun dilakukan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, renovasi yang dilakukan terhadap stadion utama di Indonesia ini sangat baik. Bahkan, lapangan dulunya tergenang jika turun hujan, kini sudah tidak lagi.

"Kan belum pernah dilakukan renovasi dan perbaikan seperti sekarang. Dan kita lihat sekarang fasilitasnya sudah berubah, dan dengan hujan yang deras begitu, ternyata lapangannya tetap siap untuk digunakan," ujar dia di SUGBK, Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Dengan fasilitas stadion dan arena olahraga lain di Kompleks Olahraga Senayan yang sudah semakin baik ini, lanjut Agus, dirinya meyakini akan menambah kepercayaan diri bangsa Indonesia saat menggelar Asian Games 2018.‎

"Jadi ini adalah suatu peresmian yang baik, yang membuat kita besar hati bahwa nanti Asian Games kita akan siap," tandas dia.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi meresmikan SUGBK pada Senin malam ini. Hujan deras mengiringi peresmian yang dilaksanakan sekitar pukul 19.00 WIB tersebut.

"Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada sore ini renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dapat digunakan," ujar Jokowi saat meresmikan stadion tersebut, Senin (14/1/2018). Saat meresmikan, hujan masih mengguyur Stadion Utama GBK.

Usai mengucapkan kata-kata peresmian, Jokowi membubuhkan tandatangan di prasasti. Pada kesempatan kali ini Jokowi menggunakan jersey Tim Bola Indonesia berwarna merah.

Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga juga turut hadir seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 of 2

Spesifikasi Stadion

Indonesia, Suporter, Islandia
Suporter antre memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (14/1/2018). Kehadiran mereka untuk menyaksikan langsung pertandingan antara Indonesia melawan Islandia dalam laga persahabatan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Diberitakan sebelumnya, Menteri PUPR Basuki mengatakan renovasi (SUGBK) telah selesai 100 persen. Stadion tersebut kini siap digunakan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018.

Pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Namun karena menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional dan memiliki kualitas pencahayaan tiga kali lebih baik. Sistem pencahayaan juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO.

“Tata suara SUGBK lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis,” jelasnya.

Kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

“Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan dimana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” lanjut dia.

Dengan penggantian jenis kursi yang lebih baik dimana sebelumnya kursi panjang, kapasitas tampung SUGBK saat ini 80 ribu kursi.  

Lanjutkan Membaca ↓