Sukses

Mau Bangun Bisnis? Simak 5 Alternatif Cari Modal

Di balik mimpi ingin sukses, pebisnis sering kali menghadapi kendala dalam hal modal.

Liputan6.com, Jakarta - Membangun usaha membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Mulai dari modal, konsep usaha, produksi barang, sampai metode pemasaran yang sesuai. Pengambilan keputusan yang salah akan mengakibatkan kebangkrutan.

Di balik mimpi ingin sukses, pebisnis sering kali menghadapi kendala dalam hal modal. Wajar saja jika modal yang dibutuhkan dalam bisnis bisa dikatakan cukup besar.

Tapi, tahukah Anda apa sajakah yang menjadi sumber modal usaha? Berikut ini untuk Anda yang lagi cari modal usaha, sumber-sumber untuk mendapatkan modal usaha seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (14/1/2018):

1. Memanfaatkan Tabungan Pribadi

Tabungan menjadi alternatif pinjaman utama tanpa modal. Cara yang satu ini bisa dibilang cukup aman karena pelaku bisnis tidak perlu memikirkan bunga pinjaman dan tanggal pembayaran. Alhasil, pikiran pun jauh lebih tenang dan menjalankan bisnis terasa lebih nyaman.

Akan tetapi, pelaku bisnis sering kali terlena saat dimodali dengan tabungan pribadi. Pasalnya, tidak ada kewajiban untuk mengembalikan uang pinjaman. Pelaku bisnis pun menjadi “terlalu” santai dan “kurang” berpikir bagaimana cara memutar modal tersebut menjadi keuntungan yang besar.

Perlu diingat, bagaimana pun uang yang diambil dari tabungan harus dikembalikan lagi. Anggaplah uang tabungan sebagai utang agar diri Anda mau mencicil pembayaran dan bunganya setiap bulan.

(Baca Juga: Mau Berutang? Kenali Risiko dan Keuntungan Utang Jangka Panjang)

2. Memanfaatkan KTA

Baik perbankan maupun pemerintah, keduanya menawarkan sistem Kredit Tanpa Agunan (KTA). Layanan pinjaman ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja di suatu instansi pemerintah ataupun swasta.

Pencairan KTA bisa dibilang mudah. Pelaku bisnis cukup memiliki riwayat kredit (BI Checking) yang bagus dan melengkapi semua dokumen yang diperlukan. Bunganya pun terbilang ringan dimulai dari 0,95 prsen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koperasi

3. Memanfaatkan Koperasi

Koperasi juga menawarkan sistem pinjaman tanpa jaminan. Koperasi yang berasaskan “kekeluargaan” membuat metode peminjaman cukup mudah. Syarat-syarat yang dilengkapi juga tidak ribet layaknya meminjam di bank.

Pada umumnya, koperasi disediakan komunitas pelaku bisnis. Para pebisnis biasanya akan dihimpun ke dalam suatu kelompok untuk dijadikan sebagai komunitas yang lebih besar. Komunitas didirikan layaknya sebuah perusahaan di mana pesertanya diberi jabatan yang sesuai dengan keahliannya.

Modal yang didapatkan koperasi dihimpun dari pelaku bisnis dan digunakan untuk kesejahteraan semua pelaku bisnis. Akan tetapi, koperasi kini telah meluaskan cakupan kreditur.

Artinya, semua orang diperkenankan untuk mengambil pinjaman asalkan status kreditur dipercaya dan dianggap sanggup untuk mencicil pinjaman setiap bulan.

4. Memanfaatkan Investor Mitra

Cara selanjutnya yaitu dengan meminta bantuan modal dari para investor. Anda bisa membuka peluang investasi melalui forum bisnis atau komunitas bisnis di media sosial.

Namun, cara ini tidaklah mudah, mengingat sulitnya untuk meyakinkan para investor di luar sana. Apalagi jika bisnis yang dijalankan belum direalisasikan.

Sebelum meminta modal dari para investor, pelaku bisnis terlebih dulu harus menyiapkan proposal usaha. Gunanya sebagai gambaran mengenai bisnis yang dijalankan.

Proposal haruslah berisi informasi detail mengenai setiap bidang usaha. Proposal usaha yang berkualitas tentu akan menarik minat investor untuk bergabung.

Jadi, luangkan waktu untuk memikirkan bentukan proposal tersebut. Manfaatkan jaringan atau link untuk menguatkan pembuatan proposal.

 

3 dari 3 halaman

Jual Aset

5. Menjual Aset yang Dimiliki

Sumber modal usaha terakhir ialah dengan menjual aset atau harta yang dimiliki. Entah itu rumah, tanah, apartemen, mobil, perhiasan, emas, dan lainnya. Apa pun aset yang dimiliki bisa dijual untuk mendapatkan modal usaha.

Mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan itu penting sebelum akhirnya menjual aset. Tujuannya agar modal yang diperoleh tidak mubazir dan dapat dialokasikan sesuai dengan fungsi dan unit kegiatan dari bisnis yang dijalankan.

Berbisnis Jauh Lebih Mudah

Mendapatkan modal bukan hal sulit lagi pada era sekarang. Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan modal dari mana pun, baik pemerintah, swasta, koperasi, maupun keluarga. Mudahnya mendapatkan modal juga membuat kegiatan bisnis jauh lebih mudah.

Tertarik membuka bisnis, tapi belum ada modal? Dapatkan dari lima sumber modal usaha di atas. Semoga membantu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini