Sukses

Pemerintah Terangi 180 Ribu Rumah Tangga Tahun Depan

Untuk mengejar target rasio elektrifikasi, Kementerian ESDM akan membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menerangi sekitar 180 ribu rumah tangga yang bermukim di 1.400 desa pada 2018. Anggaran yang akan digelontorkan untuk menjalankan rencana tersebut sebesar Rp 677,6 miliar.

Kepala Unit Pengendalian dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Simon Laksmono Himawan mengatakan, saat ini tercatat masih ada 2.500 desa yang belum menikmati listrik. Sementara‎ pada 2018 pemerintah menargetkan pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) mencapai 95,7 persen dan naik menjadi 97 persen pada 2019.

"Tahun depan kita mengejar rasio elektrifikasi pada angka 95,7 persen jadi itu yang harus kita kejar, jadi kita bisa mencapai 97 persen paling tidak di 2019," kata Simon, di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Simon mengungkapkan, untuk mengejar target rasio elektrifikasi, Kementerian ESDM akan membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke 180 ribu rumah tangga yang bermukim di 1.400 desa yang belum menikmati listrik. Desa-desa tersebut terletak di wilayah terdepan, terluar dan terpencil (3T).

Dana yang dibutuhkan untuk melistriki 180 ribu rumah tangga tersebut mencapai Rp 677,6 miliar. Kementerian ESDM akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

‎"Anggaran yang dibutukan Rp 677,6 miliar untuk tahun depan. Ini sudah ketok, tinggal lelang 15 Januari bisa dimulai," ujar Simon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilanjutkan oleh PLN

Simon menjelaskan, penerangan menggunakan LTSHE hanya sementara, sambil menunggu pembangunan infrastruktur kelistrikan oleh PT PLN (Persero). LTSHE‎ merupakan langkah awal agar masyarakat bisa memiliki akses listrik meski baru sekedar penerangan.

"PLTSHE ini mengisi ruang antara pembangunan jaringan, karena membangun jaringan itu butuh waktu dan kita harus mengejar rasio elektrifikasi 97 persen," tuturnya.

Simon melanjutkan, Kementerian ESDM bertugas menerangi 1.944 desa dengan LTSHE, untuk sisa desa yang belum terlistriki akan digarap PLN, dengan membangun infrastruktur kelistrikan baik terpusat atau tersebar.

PLN mendapat tugas melistriki lebih 500 desa melaui program listrik desa yang anggarannya berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Kementerian ‎ESDM melalui pra elektrifikasi dengan LTSHE ini sekitar 1.944 desa, selebihnya lebih dari 500 desa dikerjakan PLN," tutup Simon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Papua

  • Desa