Sukses

Wajib Tahu, Ini 5 Fungsi Penting Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah dokumen yang wajib kamu miliki karena banyak sekali manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Surat keterangan kerja adalah dokumen yang menjadi hak karyawan perusahaan swasta. Biasanya, surat ini dapat diperoleh apabila karyawan yang bersangkutan melakukan pengajuan disertai alasan yang tepat. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan paklaring alias surat keterangan kerja. Alasannya, dokumen ini punya banyak fungsi penting.

Berikut beberapa manfaat tersebut seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Melamar pekerjaan

Tidak sedikit perusahaan swasta maupun institusi pemerintah yang mensyaratkan dokumen ini dalam rekrutmennya. Biasanya, rekrutmen yang mensyaratkan dokumen ini diperuntukkan bagi posisi supervisor ke atas. Tujuannya agar pihak perekrut memiliki bukti atas rekam jejak karier pelamar.

2.cMengajukan pinjaman bank

Pinjaman bank entah bentuknya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit multiguna maupun jenis pinjaman lainnya pasti mensyaratkan surat keterangan kerja bagi pemohon yang ingin mengajukan kredit.

Bank membutuhkan surat keterangan kerja ini sebagai jaminan bahwa pihak pemohon pinjaman memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap yang memungkinkan debitur membayar cicilan pinjaman.

3. Mencairkan dana JHT BPJS

Dalam ketentuan terbarunya, pemerintah memperbolehkan peserta BPJS Ketenagakerjaan mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar 10 persen atau 30 persenmeskipun masih berstatus sebagai pekerja aktif.

Nah, untuk mencairkan dana tersebut terdapat sejumlah pesyaratan yang harus dilengkapi di antaranya asli surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir beserta foto kopinya. Tanpa persyaratan tersebut, Anda tidak dimungkinkan untuk menarik sebagian dana Jaminan Hari Tua.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mendaftar beasiswa jalur profesional

Beasiswa jalur profesional juga cukup banyak tersedia. Donaturnya beragam mulai dari pemerintah hingga institusi swasta. Pemerintah negara asing juga tak jarang memberikan beasiswa studi seperti ini. Namun, beasiswa jenis ini biasanya diperuntukkan bagi jenjang pendidikan lanjut seperti master dan doktoral.

Nah, salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran beasiswa ini adalah surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir. Selain surat keterangan kerja, biasanya pelamar harus memiliki surat rekomendasi dari atasan langsung pelamar.

5. Membuat kartu kredit

Untuk memiliki kartu kredit, bank penerbit biasanya mengajukan sejumlah persyaratan. Selain persyaratan penghasilan minimal per bulan, bank juga mengharuskan pemohon untuk melampirkan surat keterangan kerja. Sama seperti pada pinjaman, bank menggunakan dokumen paklaring sebagai bukti bahwa pemohon memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap untuk membayar cicilan kartu kredit jika pada saatnya digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.