Sukses

Lulusan Sastra, Simak 7 Pekerjaan yang Cocok buat Anda

Ada banyak ladang pekerjaan yang tersedia untuk lulusan jurusan sastra.

Liputan6.com, Jakarta Banyak siswa yang bimbang memilih jurusan kuliah usai lulus dari sekolah menengah atas. Kedokteran, ekonomi, Teknik kerap menjadi jurusan yang banyak diincar di kampus-kampus.

Namun adapula yang meminati jurusan lain, sastra misalnya. Namun kadang masih banyak yang ragu untuk mengambil jurusan kuliah ini. Mereka masih bertanya-tanya setelah lulus akan jadi apa?

Bagi yang ingin mengetahuinya, lulusan sastra bukan berarti kamu harus selalu jadi sastrawan. Ada banyak ladang pekerjaan yang tersedia untuk lulusan jurusan ini.

Seperti mengutip Quipper, berikut pekerjaan yang bisa dipilih para lulusan Sasta, Kamis (21/12/2017):

1. Editor Penerbit Buku

Baik penerbit maupun media, keduanya membutuhkan editor bahasa. Perusahaan mematok syarat khusus untuk jabatan ini, yakni lulusan sastra.

Peraturan ini dibuat mutlak, artinya jurusan lain tidak bisa melamar untuk posisi ini. Itu berarti, Anda tak perlu khawatir, sebab pesaing pasti sama-sama dari jurusan sastra. Jadi, peluang yang terbuka pun semakin lebar.

2. Jurnalis

Nah, untuk yang suka menulis dan mebaca, jurnalis merupakan pekerjaan yang pas. Jurnalis yang dimaksud bukan hanya untuk media cetak saja, karena kini perkembangan dunia digital juga semakin pesat.

Saat ini, media online juga memberi kesempatan lebih besar untuk menjadi seorang jurnalis. Salah satu hal yang menarik dari pekerjaan jurnalistik adalah, Anda menjadi orang pertama yang dapat mengetahui peristiwa di sekitar.

3. Copywriter

Lulusan Fakultas Sastra yang terbiasa membuat kalimat indah dan menarik, cocok untuk menjadi copywriter. Seperti apa tugas copywriter? Tugasnya yaitu menulis naskah iklan untuk perusahaan yang nanti akan disiarkan di berbagai media, baik media cetak, online, televisi, maupun radio.

Tetapi, seorang copywriter juga harus mengikuti proses kreatif, mulai dari brainstorming ide hingga eksekusi dengan perusahaan pengiklan. Cocok banget nih untuk kamu yang punya banyak ide menulis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekerjaan Lain

4. Pengajar

Siapa di antara Anda yang memiliki minat mengajar? Jadi tenaga pengajar salah satu ladang pekerjaan dari jurusan sastra.

Saat ini, banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pengajar, bahkan yang bukan berasal dari Sarjana Pendidikan.

5. Lembaga Budaya

Bekerja di lembaga budaya bisa jadi pilihan yang pas  bagi lulusan sastra. Dengan kemampuan bahasa yang dipunya plus pengetahuan tentang budaya nusantara maupun asing, bisa jadi bahan pertimbangan lembaga budaya untuk menjadikan Anda karyawannya.

Kalau bekerja di lembaga budaya, Anda bisa ikut andil dalam melestarikan budaya. Pasti seru banget deh bisa bekerja di tempat yang anti-mainstream.

6. Pariwisata

Untuk Anda yang suka jalan-jalan dan senang bertemu orang baru, cocok untuk bekerja di bidang ini. Pekerjaan di bidang jasa ini membutuhkan kemampuan bahasa yang bagus serta interaksi yang baik dengan para turis lokal maupun mancanegara.

Lulusan sastra, khususnya Sastra Inggris, bisa menjadi jadi tour guide di sebuah travel agent.

7. Kedutaan Asing

Anda tahu? Saat ini, kesempatan bekerja di kantor kedutaan bukan cuma milik anak Jurusan Hubungan Internasional saja. Lulusan Sastra Asing juga memiliki kesempatan yang sama.

Cukup menguasai dua atau tiga bahasa asing dan fasih menggunakannya dalam berkomunikasi, ditambah punya pengetahuan politik khususnya politik luar negeri, itu sudah cukup menjadi modal untuk bisa bekerja di kedutaan.

Kuncinya, Anda harus percaya sama kemampuan kamu, ya!

Tak perlu ragu lagi kawan, kamu bakal menemukan banyak sekali kampus yang menyediakan pendidikan terkait ilmu sastra ini, karena memang prospek di masa depan juga menjanjikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini