Sukses

Top 3: Beli Rumah, Jomblo Bisa Dapat Bantuan KPR Rp 32 Juta

Masyarakat berpenghasilan rendah yang masih melajang bisa menikmati bantuan KPR sebesar Rp 32,4 juta dari pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) meluncurkan Bantuan Pembiayaan Perumahan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Skema pembiayaan ini lebih menyasar ke masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan pendapatan tidak tetap atau informal. Dengan skema ini, MBR bisa mendapat bantuan maksimal hingga Rp 32,4 juta untuk kredit pemilikan rumah (KPR).

Kepala Subdirektorat Pola Pembiayaan Rumah Swadaya dan Mikro Perumahan Kementerian PU-PR Mulyowibowo menerangkan, untuk mendapat bantuan BP2BT, MBR mesti memiliki tabungan selama 6 bulan dengan saldo antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

"Selama ini FLPP, SSB itu lebih pada ke penghasilan tetap, masyarakat formal. Harapannya, kami memberikan kesempatan lebih untuk masyarakat penghasilan tidak tetap, sehingga mempersyaratkan tabungan tadi," kata dia kepada Liputan6.com.

Lebih lanjut, untuk mendapat bantuan ini, terdapat batasan penghasilan yang mengacu pada zona wilayah dan jenis hunian yang akan dibeli. Kemudian, batasan penghasilan ini berdasarkan penghasilan rumah tangga atau suami istri.

Kendati penghitungan penghasilan berdasarkan penghasilan rumah tangga, bukan berarti masyarakat dengan kategori lajang tak boleh mengakses bantuan BP2BT ini. Batas penghasilan yang ditetapkan pun sama dengan penghasilan rumah tangga.

"Boleh lajang, Rp 6 juta juga. Karena kami tidak bisa membuat lajang (dibatasi) Rp 4 juta. Lajang kan pilihan juga, ada orang yang belum mau menikah, ada yang janda duda. Kita tidak membatasi masyarakat," tukas dia.

Informasi mengenai bantuan KPR dari pemerintah menjadi artikel paling dicari pembaca. Lengkapnya, berikut 3 berita paling populer di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Orang Lajang Juga Bisa Dapat Bantuan KPR Rumah hingga Rp 32 Juta

Masyarakat berpenghasilan rendah yang masih melajang juga bisa menikmati bantuan KPR sebesar Rp 32,4 juta dari pemerintah. Untuk mendapat bantuan BP2BT, MBR mesti memiliki tabungan selama 6 bulan dengan saldo antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. 

Baca selengkapnya

2. 8 Kiat Renovasi Rumah Biar Tahun Baru Makin Seru

Tidak cuma niat bekerja dan berkarya yang mesti dipupuk lebih baik di awal tahun depan, rumah tempat kamu tinggal bersama keluarga juga perlu dipoles agar lebih nyaman. Jika tempat tinggalmu lebih nyaman dari sebelum, kamu pun akan lebih bersemangat untuk bekerja dan berkarya di tahun depan. Apalagi jika rumah tinggal kamu sering bocor, terlihat kusam, dan tua.

Sebaiknya kamu tidak perlu menunda untuk merenovasi rumahmu awal tahun depan dan mulai sekarang bersiap mencari dana renovasi rumah. Mungkin di ujung tahun 2017 ini saat yang tepat buat kamu untuk mendandani rumah.

Baca selengkapnya

3. Selamat, 7 Zodiak Ini Kariernya Cemerlang di 2018

Karier yang cemerlang memang idaman setiap orang. Ini jadi satu yang menjadi harapan semua orang, terutama di tahun 2018 yang akan datang sebentar lagi. Dewi fortuna tampaknya berpihak pada tujuh zodiak ini. Di tahun 2018 mendatang, karier dan pekerjaan yang dilakukan orang-orang berzodiak ini diprediksi akan membaik. Mereka pun dapat menggapai apa yang diinginkan.

Baca selengkapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.