Sukses

Cegah Listrik Byar Pet, PLN Disjaya Tanam Kabel Sepanjang 200 Kms

Penanaman kabel yang sebelumnya menggantung di udara dengan terhubung dari tiang ke tiang ini bertujuan untuk‎ menjaga estetika.

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) akan menertibkan kabel listrik di Jakarta dengan menanam ke dalam tanah. Langkah ini untuk menjaga estetika dan menjaga kehandalan pasokan listrik ke pelanggan.

General Manager PLN Disjaya M. Ikhsan Asaad‎ mengatakan, PLN Disjaya berkomitmen mendukung gerakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewujudkan konsep smart city. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan memindahkan kabel PLN jaringan tegangan rendah (JTR).

"Kami memulai memindahkan kabel-kabel jaringan tegangan rendah ke dalam tanah," kata Ikhsan, di kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Penanaman kabel yang sebelumnya menggantung di udara dengan terhubung dari tiang ke tiang ini bertujuan untuk‎ menjaga estetika atau memperindah Kota Jakarta.

Selain itu, ada manfaat lain dari pemindahan kabel tersebut oleh PLN Disjaya yaitu meningkatkan keamanan bagi masyarakat dan juga menjaga kehandalan pasokan ke pelanggan.

"Biar aman. Coba bayangkan kalau kabel itu kendor bisa nyangkut‎ yang lewat. Pasokan listrik juga tidak terganggu kalau ada pohon tumbang menimpa kabel. Jadi Kehandalan pasokan listrik terjaga," papar Ikhsan.

Agar pasokan listrik ke pelanggan tidak terganggu, PLN Disjaya akan membangun jaringan kabel baru yang ditanam ke tanah. Usai jaringan bawah tanah tersebut selesai baru kemudian arus listrik dipindahkan.

Rencananya, pada tahun 2018, PLN Disjaya akan memindahkan kabel sepanjang kurang lebih 200 kilometer sirkit (kms) sepanjang 2018. Dana yang disiapkan untuk membangun infrastruktur kelistrikan tersebut mencapai Rp 80 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target pertama

‎Ikhsan menyebutkan, kawasan pertama yang menjadi sasaran pemindahan kabel jaringan tegangan rendah adalah area Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, sebagai kawasan pusat pemerintahan.

Jalur pemindahan kabel di jalur VVIP ini mencakup 175 pelanggan, dengan sebara Jalan Medan Merdeka Selatan sebanyak 20 pelanggan, Jalan Medan Merdeka Timur sebanyak 102 pelanggan, Jalan Medan Merdeka Barat sebanyak 37 pelanggan, dan Jalan Medan Merdeka Utara sebanyak 16 pelanggan.

Lokasi pemindahan kabel yang berada di tiang atau biasa disebut dengan Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) ke kabel tanah yang biasa disebut dengan Saluran Kabel Tegangan Rendah (SKTR) akan dilakukan di beberapa titik lokasi, antara lain:

1. Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jl. Melawai, Jl. Bulungan, Jl. Mahakam, Jl. Iskandarsyah dan Jl. Kalibata)

2. Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jl. Tanah Abang, Jl. Suryopranoto, Jl. Balik Papan, Jl. Kyai Caringin dan Jl. Bungur Raya)

3. Kota Administrasi Jakarta Barat (Jl. Rusun Pesakih Daan Mogot dan Jl. Daan Mogot Perumahan Victoria sampai dengan Simpang Perempatan Cengkareng)

4. Kota Administrasi Jakarta Utara (Jl. Pluit Muara Karang)

PLN bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Dinas Bina Marga, Dinas Perindustrian dan Energi, serta Satuan Polisi Pamong Praja selama menjalankan proses pemindahan kabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.