Sukses

Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil Pribadi? Lakukan Persiapan Ini

Akhir tahun ini, apakah Anda berencana berlibur dengan kendaraan pribadi?

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun ini, apakah Anda berencana berlibur dengan kendaraan pribadi? Berlibur jarak jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi memang dirasa lebih fleksibel. Kita bisa mengatur waktu secara mandiri karena bisa mengubah rencana sesuka hati,

Namun demikian, berlibur dengan menggunakan kendaraan sendiri juga berisiko terhadap stamina Anda. Badan Anda akan jauh lebih lelah karena harus memegang kemudi sendiri. Selain itu, jika kita tidak mempersiapkan perjalanan dengan baik, bisa-bisa pengeluaran justru akan lebih deras ketimbang menggunakan angkutan umum.

Agar pengeluaran terkendali, ikuti saran-saran dari Danaxtra berikut ini:

1. Perhitungkan waktu perjalanan dan tempat liburan

Ketika libur panjang dan Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan pribadi, perhitungkan perkiraan waktu perjalanan yang akan ditempuh. Pertimbangkan pula kemungkinan terjebak macet atau biaya bahan bakar yang terbuang ketika mobil tidak bergerak di tengah kemacetan.

2. Alokasikan dana dengan satu akun

"Tidak perlu memisahkan uang untuk pulang pergi liburan,” ujar Konsultan Keuangan Prita Ghozie.”Cukup alokasikan dana perjalanan dalam satu akun saja yang Anda bisa bagi untuk keperluan bensin, makan, dan penginapan,"sambungnya. 

Menurutnya, uang untuk keperluan tol bisa dialokasikan pada uang elektronik. Selain itu siapkan juga uang untuk tol yang masih belum dilengkapi fasilitas GTO dan bisa juga untuk uang parkir. Dalam hal ini, Prita menganjurkan agar Anda selalu mempersiapkan uang receh yang sangat berguna untuk keperluan-keperluan “printilan”. Seperti uang parkir, uang tol dan juga membeli minuman.      

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membawa uang tunai

Ini  tergolong penting saat Anda dalam perjalanan. Sebab selama  di jalan, tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu kredit dan kartu debit. Tidak perlu berlebihan membawa uang tunai. Sebaiknya Anda sudah lakukan perhitungan yang dibutuhkan selama perjalanan. 

Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum.

Bayangkan saja apabila Anda sedang di perjalanan, macet, sedang kelaparan dan tidak ada makanan. Hanya ada pedagang keliling saja di jalanan. Apa mungkin membayar mereka tanpa menggunakan uang tunai?

Jadi, selalu siapkan uang tunai untuk mengantisipasi hal ini. Simpan semua uang tunai Anda di tempat yang aman. Prita menganjurkan agar uang fisik Anda  taruh secara terpisah di tiga tempat. Di dompet, amplop di tas, serta amplop di koper. Dengan demikian, jika terjadi kehilangan, risikonya akan terbagi. (artikel terkait : Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun)

4. Hemat biaya makan

Entah mengapa, perjalanan menggunakan kendaraan pribadi  biasanya juga juga menjadi momen wisata kuliner. Entah karena memang sudah waktunya makan,  atau stimulasi melihat  sebuah tempat makan yang menarik, atau karena permintaan anak-anak. Anda bisa langsung memperkirakan, berapa anggaran yang diperlukan untuk tiga kali makan sekeluarga.

Padahal harga-harga di rumah makan biasanya juga relatif lebih tinggi ketimbang warung nasi di sebelah rumah. Karena itu, saat mampir ke sebuah rumah makan/restoran,  pastikan memilih makanan yang benar-benar disukai. Pilih juga  yang kandungan karbohidratnya menunjang agar perut tidak cepat lapar di jalan. 

Jangan sia-siakan makanan, sampai ada yang tidak termakan hanya karena lapar mata.  ini bisa sekaligus Anda jadikan momen untuk mengajarkan anak-anak betapa berharga nilai makanan melalui harga yang terpasang.

 

3 dari 4 halaman

5. Bawa Cukup Makanan

Kemacetan saat musim liburan seruingkali terjadi, terutama di dalam tol, di jalanan panjang atau kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stres, Anda bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir. 

Hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar, Anda sebaiknya makan terlebih dahulu lalu melanjutkan kembali perjalanan Anda. Sebab itu, penting untuk menyediakan makanan ringan seperti buah-buahan, roti, atau snack favorit saat mudik dengan kendaraan pribadi.

6. Siapkan uang darurat

Dana darurat merupakan hal penting untuk mempersiapkan kondisi tidak terduga dalam perjalanan. Seperti ban kendaraan bocor, mesin rusak dan lain sebagainya.

Terkait dengan perlindungan agar tidak terjadi kerugian finansial, sebaiknya Anda memang sudah memiliki asuransi kendaraan sebelumnya. Hal ini sangat penting sebagai antisipasi jika terjadi musibah yang tidak diinginkan.

4 dari 4 halaman

7. Disiplin Anggaran Liburan

Tanpa kedisiplinan, niscaya dompet Anda akan menipis dengan cepat. Biasanya karena kalap membeli barang souvenir di tempat wisata, atau waktu membeli oleh-oleh.

8. Persiapkan Kendaraan Liburan Sebaik Mungkin

Sebelum beranjak memutuskan berlibur jarak jauh dengan kendaraan pribadi, pastikan mobil Anda dalam kondisi prima.  Tanpa persiapan matang, bisa-bisa Anda tekor karena terjadi kerusakan di jalan. Untuk memastikan kondisi kendaraan tetap prima, agar membawa rasa aman saat melakukan perjalanan jauh, Anda perlu melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan. 

Bila Anda merasa ragu, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel mobil terpercaya. Yang terpenting dari semua rangkaian pemeriksaan kendaraan ini adalah melakukan servis rutin berkala di bengkel resmi.

Jika kondisi mobil sudah oke, kini Anda saatnya memeriksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan peralatan untuk mengganti ban lengkap tersimpan di bagasi mobil Anda. Selain itu  bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman, untuk dipasang saat terjadi keadaan darurat.

Terakhir, cek masa berlaku STNK dan SIM Anda, siapa tahu sudah waktunya diperpanjang. Jika semua sudah beres, tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan. Selamat berakhir tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini