Sukses

Biar Enggak Bingung, Begini Cara Atur Keuangan Bisnis

Banyak pengusaha bingung, bisnis berjalan lancar tapi duit ludes begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur mengatur keuangan dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah. Hal itu dirasakan hampir semua pemilik bisnis. Mereka sibuk menciptakan sistem pemasaran yang tepat untuk bisnis mereka, sehingga mereka lupa bagaimana cara mengatur keuangan mereka agar adanya profit dalam bisnis mereka.

Kebanyakan dari mereka bingung, mengapa bisa mereka yang sudah lama membangun sebuah bisnis, tapi uangnya habis begitu saja? Tidak hanya pendapatan yang terkuras, modal pun tidak kembali. Baik dalam bisnis nyata maupun di sektor online. Keduanya seringkali mengalami kesulitan dalam hal ini.

Bagi Anda para pemilik bisnis baik di sektor riil maupun online shop, berikut merupakan cara mengatur keuangan yang setidaknya bisa Anda coba dalam mengelola keuangan bisnis milik Anda:

1. Pencatatan yang Rapi

Memperhatikan pencatatan biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk kepentingan usaha Anda itu penting. Terkadang biaya kecil yang tidak tercatat itulah akar dari sumber masalah keuangan bisnis Anda. Misalkan seperti biaya transport pengiriman, biaya kuota internet, dan lain-lain.

Anda harus perhatikan biaya ini dengan betul-betul dicatat dibagian pengeluaran Anda.Biaya-biaya ini termasuk ke dalam biaya operasional dari bisnis Anda yang harus selalu dicatat rutin setiap bulannya atau dalam kurun waktu tertentu.

2. Pisahkan Antara Uang Pribadi dengan Uang Usaha

Ini juga sangat penting untuk Anda atur. Pemisahan antara uang pribadi dengan uang usaha seringkali disepelekan. Para pemilik bisnis seringkali menganggap bahwa uang usaha merupakan uang pribadi mereka juga.

Memang tidak ada yang salah dalam pemikiran seperti itu. Asalkan Anda tau bagaimana cara mengaturnya. Namun alangkah lebih baik, jika keduanya dipisahkan.

Sehingga Anda tau apa saja yang Anda keluarkan untuk kepentingan bisnis, dan apa saja pengeluaran pada akun pribadi Anda. Ini tidak akan menganggu keperluan pribadi ataupun bisnis Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Konsisten

Dalam hal apapun, konsistensi ini memang perlu. Entah konsisten dalam pencatatan maupun dalam administrasi. Anda harus konsisten dengan pengeluaran Anda. Kalau bisa lakukan rutinitas pengeluaran keuangannya dengan seimbang setiap bulannya.

Tidak masalah ada kenaikan sekian persen dalam pengeluaran Anda pada beberapa periode. Tapi jangan sampai setiap bulannya ada banyak kenaikan pengeluaran. Jika terjadi seperti ini, ada baiknya Anda melakukan evaluasi pada biaya yang menjadikan kenaikan tersebut.

Intinya dalam berbisnis adalah Anda membutuhkan keuletan serta ketekunan dalam mensukseskan bisnis yang telah atau sedang Anda rintis. Karena tidak mungkin juga Anda bisa berhasil dalam sekali mencoba.

Akan ada banyak rintangan dan tantangan yang akan Anda hadapi selama merintis bisnis. Yang perlu Anda tekankan dalam membangun sebuah bisnis adalah sabar dan tekun.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan Klik tdwuniversity.com.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.