Sukses

Catat! Ini Tips-Tips Belanja Harbolnas 2017

Ada baiknya Anda menjadi pembeli yang bijak agar tidak ada penyesalan nantinya. Berikut rangkuman tips-tips belanja Harbolnas untuk Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu masa di Desember ini yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, apalagi kalau bukan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada Selasa (12/12/2017) ini.

Program yang telah dimulai dari tahun 2012 lalu ini selalu menjadi momen yang paling dinantikan. Kenapa? Ini dikarenakan ratusan e-commerce dari seluruh Tanah Air berlomba-lomba menawarkan promo diskon besar-besaran untuk menarik pembeli.

Banyaknya promo menarik yang ditawarkan tentu sangatlah menggoda bagi semua orang untuk belanja barang yang mereka suka. Hingga akhirnya, kebanyakan orang akan dibuat kalap dan menghabiskan uang gajinya begitu saja di pertengahan bulan.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk berbelanja pada saat Harbolnas, namun ada baiknya Anda menjadi pembeli yang bijak agar tidak ada penyesalan nantinya.

Berikut rangkuman tips-tips belanja Harbolnas 2017 dari Liputan6.com agar Anda menjadi pembeli yang bijak:

1. Membeli karena butuh, bukan ingin

Banyaknya diskon yang ditawarkan tentu membuat banyak orang tergiur olehnya. Namun, Anda jangan mudah tergoda dengan diskon. Anda harus memprioritaskan mana barang yang lebih Anda butuhkan, dan menyingkirkan barang yang Anda inginkan.

2. Cari barang pada satu tempat dahulu, lalu coba berpindah ke tempat lain, kemudian bandingkan harganya

Ketika mencari barang yang diinginkan, cobalah cari perlahan pada satu situs. Namun jika pada satu situs tidak menemukan yang diinginkan, Anda dapat melihat ke situs lainnya. Jika ternyata barang yang diinginkan Anda di semua situs, Anda dapat mulai membandingkan harganya dan siapa tau Anda bisa dapatkan harga yang paling murah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih barang

3. Pintar pilih barang

Anda harus pintar memilih tempat belanja dan barang yang dijajalkan. Meski barang ditawarkan berkualitas, namun perhatikan apakah barang tersebut bergaransi atau tidak. Jangan sampai menyesal, ya!

4. Baca dahulu ulasan produk dari pembeli lainnya

Jika Anda sudah mantab mendapatkan barang yang dimau dengan harga murah dan juga sudah pasti mendapatkan garansi, ada baiknya Anda melihat dahulu ulasan produk dari pembeli lainnya. Ulasan yang jujur dari pembeli lainnya serta tinggi atau tidaknya rating pada toko tersebut, dapat membantu Anda membuat keputusan untuk jadi membeli barang tersebut atau tidak.

5. Perhatikan dan pikirkan biaya pengiriman

Jika semua tips sebelumnya sudah memenuhi pada barang yang ingin Anda beli, ada baiknya hal berikutnya yang harus Anda perhatikan dan pikirkan adalah biaya pengirimannya. Akan sangat disayangkan jika barang yang Anda mau ternyata memiliki biaya pengirimannya yang mahal. Alangkah baiknya Anda berbelanja yang dekat dengan lokasi Anda, dan jika bisa pilihlah situs yang menawarkan ongkos kirim gratis, tentu Anda akan lebih diuntungkan bukan?

Namun jika Anda ingin cepat mendapatkan barang yang diinginkan, bisa saja Anda memilih layanan GrabExpress dari Grab atau GO-SEND dari GO-JEK saat memilih metode pengiriman.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Gunakan kupon potongan harga pada barang yang ingin dibeli

Sebelum membayarnya, jangan lupa mengecek dahulu potongan kupon diskon yang disediakan situs belanja Anda. Beberapa situs belanja ternama biasanya akan memberikan potongan kupon diskon lebih seperti tambahan diskon 20 persen, 40 persen, atau yang lainnya. Ini tentu akan membuat Anda semakin untung bukan?

7. Pantau promo Harbolnas saat tengah malam

Jika Anda menginginkan barang dengan harga yang lebih lebih murah, ini tandanya Anda harus coba memantau promo Harbolnas saat tengah malam. Biasanya pada jam 12 malam, Anda bisa mendapatkan deal terbaik karena ada promo atau diskon terbatas.

8. Menyiapkan metode pembayaran

Ingat, jangan lupa hanya berfokus pada mencari barang yang diinginkan, ada baiknya sebelum berbelanja Anda menyiapkan metode pembaran terlebih dahulu, baik itu transfer bank atau mobile banking. Namun, jika Anda punya kartu kredit, pastikan untuk mencari berbagai promo menarik lainnya yang biasanya diberikan oleh bank. Bahkan Anda juga bisa kredit barang yang diinginkan jika toko yang Anda inginkan menyediakannya.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda, ya! Selamat berbelanja!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.