Sukses

4 Tanda Anda Harus Segera Kirim CV ke Perusahaan Impian

Untuk dapat mengesankan calon perusahaan, tentu diperlukan CV yang bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk dapat mengesankan calon perusahaan, tentu diperlukan CV yang bagus. Namun, untuk membuat sebuah CV yang sempurna, dibutuhkan waktu berjam-jam dan kerja keras. Oleh karenanya, benar jika anggapan melamar pekerjaan dapat menghabiskan banyak waktu dan energi.

Namun, Anda tak perlu cemas dan menjadikannya sebagai beban. Nyatanya, terdapat beberapa faktor utama yang dapat membantu Anda untuk dicantumkan dalam CV dan dapat mengesankan calon perusahaan.

Amanda Augustine, pakar karir di TopResume, dan ahli lainnya memberikan beberapa saran pendorong agar Anda tetap berusaha melamar pekerjaan dan agar CV Anda menjadi lebih baik. Dilansir dari laman businessinsider.sg, Selasa (12/12/2017), berikut ulasannya:

1. Memiliki pengalaman pekerjaan yang mirip dengan kualifikasi yang dibutuhkan

businessinsider.sg

Augustine mengatakan bahwa magang, pekerjaan sukarela, dan pekerjaan lepas semuanya dapat dihitung. Tiga sampai lima tahun pengalaman, misalnya, tidak hanya mengacu pada pekerjaan berbayar dan penuh waktu.

Dia juga mengatakan bahwa yang terpenting adalah bagaimana Anda menggambarkannya di CV Anda sehingga ketika seseorang melirik resume Anda, mereka mengerti bahwa Anda memiliki pengalaman yang dibutuhkan, bahkan jika itu bukan dalam bentuk yang paling tradisional. Menurutnya, HRD tidak perlu menggali untuk melihat apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Tak ada pelamar yang sempurna

businessinsider.sg

Augustine menuturkan, beberapa lowongan pekerjaan memiliki daftar sifat yang sangat baik. Namun, percayalah bahwa tidak semuanya dibutuhkan. Seorang HRD sebenarnya telah menyadari bahwa mereka mungkin tidak akan menemukan kandidat yang memenuhi semua kriteria pada pelamar. Oleh karenanya, jangan menyerah untuk Anda melamar pekerjaan.

 

3. Punya koneksi

businessinsider.sg

Pertimbangkan untuk mendapatkan teman atau pekerja di calon perusahaan yang ingin Anda lamar. Adanya koneksi yang luas bertujuan untuk menjamin Anda.

"Kurang memenuhi persyaratan terkadang dapat diabaikan dalam banyak hal, dan cara terbaik untuk membukanya adalah dengan mendapatkan rekomendasi dari seseorang di perusahaan tersebut," kata Jon Silber, CEO Purple Squirrel.

Faktanya, Glassdoor menemukan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan adalah antara 2,6 persen-6,6 persen lebih tinggi jika Anda direkomendasikan oleh karyawan di perusahaan tersebut.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Menulis surat lamaran padat yang menggambarkan prestasi mengesankan

businessinsider.sg

Alison Green mengatakan, Anda harus mempertimbangkan untuk melamar pekerjaan jika Anda hampir memenuhi persyaratan pengalaman, terutama jika Anda dapat menulis surat lamaran yang benar-benar bagus dan menunjukkan prestasi yang sangat baik.

Jadi, apa Anda sudah mendapat motivasi untuk kembali mencoba melamar kerja?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.