Sukses

Simak Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia

Untuk bisa disebut sebagai orang terkaya sejagat, Anda harus memiliki kekayaan bersih minimal US$ 19,1 miliar atau setara Rp 258 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Kaya, mungkin menjadi impian sebagian besar masyarakat dunia. Beberapa orang memang beruntung karena bisa menggapainya. Jadilah mereka tercatat sebagai orang terkaya di dunia.

Namun untuk bisa disebut sebagai orang terkaya sejagat, Anda harus memiliki kekayaan bersih minimal US$ 19,1 miliar atau setara Rp 258 triliun (kurs US$ 1= Rp 13.508).

Dengan menggunakan perhitungan dari Bloomberg Billionaires Index, muncul daftar 10 orang terkaya di dunia.

Bloomberg memperbarui datanya dengan mengacu pada hasil penutupan perdagangan saham di New York setiap harinya. Daftar kali ini, merupakan data terbaru hingga 30 November.

Lengkapnya, seperti mengutip Economic Times, Selasa (5/12/2017), berikut Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, siapa saja?:

1. Jeff Bezos

Jeff Bezos awalnya mendirikan Amazon.com di garasi rumahnya, di Seattle pada 1994. Situs belanja online ini pun terus tumbuh. Berbagai produk dipasarkan melalui situs Amazon. Mulai dari produk mode, teknologi, makanan dan elektronik bisa dicari di Amazon.

Dari sinilah, Bezos mampu meraup kekayaan, bahkan mengantarkannya menjadi orang terkaya dunia dengan meraup harta US$ 100 miliar setara Rp 1.351 triliun.

Kekayaan bersih bersih: US$ 98,4 miliar setara Rp 1.329 triliun

Umur: 53

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Sumber kekayaan: Amazon

2. Bill Gates

Bill Gates mendirikan Microsoft bersama temannya Paul Allen. Dia pun menjabat sebagai CEO sampai tahun 2000. Saat ini dia masih duduk di dewan perusahaan, namun tidak lagi aktif mengurus perusahaan.

Nilai kekayaan bersih: US$ 89,4 miliar setara Rp 1.207 triliun

Umur: 62

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Sumber kekayaan: Microsoft

3. Warren Buffett

Setelah ditolak dari Harvard Business School, Warren Buffett pergi ke Columbia. Di sini lah dia bertemu Benjamin Graham, yang kemudian menjadi mentornya.

Dia kemudian membeli Berkshire Hathaway pada 1969 dan mengubahnya menjadi perusahaan induk pembangkit tenaga listrik. Dari sini, kekayaan Buffett bermula.

Nilai kekayaan bersih: US$ 81,7 miliar setara Rp 1.103 triliun

Umur: 87

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Industri: Diversifikasi

Sumber kekayaan: Berkshire Hathaway

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

4. Amancio Ortego

Amancio Ortego menjadi pengendali perusahaan mode raksasa Inditex, pemilik memiliki Zara, Massimo Dutti, Oysho, dan lainnya. Setidaknya sebagian dari kesuksesannya disebutkan bersumber dari bisnis fashionnya Zara.

Nilai kekayaan bersih: US$ 75,9 miliar setara Rp 1.025 triliun

Umur: 81

Kewarganegaraan: Spanyol

Industri: Ritel

Sumber kekayaan: Inditex

5. Mark Zuckerberg

Dari tangan Mark Zuckerberg Facebook.com kini mendunia. Dia membangun Facebook saat baru dua tahun duduk di perguruan tinggi. Dia kemudian memutuskan berhenti kuliah, dan bekerja penuh membesar Facebook.

Nilai kekayaan bersih: US$ 72,3 miliar setara Rp 976 miliar

Umur: 33

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Sumber kekayaan: Facebook

6. Carlos Slim

Carlos Slim memiliki sejumlah besar perusahaan di Meksiko melalui konglomerasinya, Grupo Carso. Dia juga mengendalikan America Movil, operator telepon seluler terbesar di Amerika Latin.

Nilai kekayaan bersih: US$ 63,5 miliar setara Rp 851 miliar

Umur: 77

Kewarganegaraan: Meksiko

Industri: Diversifikasi

Sumber kekayaan: Grupo Carso

7. Bernard Arnault

Bernard Arnault adalah pucuk pimpinan LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton, yang menampung puluhan merek mewah. Arnault membeli Christian Dior saat dia bergabung dengan bisnis ini. Langkahnya ini membantu menghidupkan kembali perusahaan tersebut.

Nilai kekayaan bersih: US$ 61,5 miliar setara Rp 830 miliar

Umur: 68

Kewarganegaraan: Prancis

Industri: Produk Konsumsi

Sumber kekayaan: LVMH

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

8. Larry Ellison

Larry Ellison bekerja sama dengan dua rekannya dari sebuah perusahaan elektronik pada 1977 untuk memulai firma pemrograman mereka sendiri. Mereka pun kemudian mendapat kontrak untuk membangun sistem manajemen basis data relasional untuk CIA.

Proyek ini kemudian berkembang menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai Oracle Corp, pembuat perangkat lunak terbesar kedua di belakang Microsoft. Dia mengundurkan diri sebagai CEO di 2014.

Nilai bersih: US$ 53,9 miliar atau setara Rp 728 miliar

Umur: 73

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Sumber kekayaan: Oracle

9. Larry Page

Larry Page mendirikan Google bersama Sergey Brin pada tahun 1998. Dia sekarang didaulat sebagai CEO Alphabet, yang merupakan perusahaan induk Google.

Nilai kekayaan bersih: US$ 51,5 miliar atau setara Rp 695 miliar

Umur: 44

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Sumber kekayaan: Google

10. Ingvar Kamprad

Ingvar Kamprad mendirikan IKEA, peritel furnitur, saat berusia 17. Dia lalu memindahkan IKEA dan keluarganya dari Swedia pada tahun 1970-an untuk menghindari pajaknya. Ternyata ini yang kemudian membuat dirinya sukses.

Nilai kekayaan bersih: US$ 50,7 miliar atau setara Rp 684 miliar

Umur: 91

Kewarganegaraan: Swedia

Industri: Ritel

Sumber kekayaan:  IKEA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.