Sukses

Toko Bunga Mulai Banjir Pesanan Ucapan Selamat Kahiyang-Bobby

Rangkaian acara pesta adat Jokowi di Medan sudah berlangsung sejak Minggu (19/11/2017).

Liputan6.com, Medan - Momen ngunduh mantu Bobby Nasution-Kahiyang Ayu Siregar menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang di sekitaran Jalan Setia Budi, Kota Medan, Sumatra Utara. Salah satunya toko karangan bunga.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (23/11/2017), para perangkai bunga di sepanjang Jalan Setia Budi tampak berusaha memancing pemesan dengan memamerkan karangan bunga terbaiknya di pinggir jalan.

Mereka juga menggunakan karangan bunga dari tokoh terpandang di Medan sebagai pemikat.

Salah satunya Toko Masa Baru Florist. Penerima jasa rangkai bunga di sana menerima pesanan dari tokoh ternama di Medan, Konsulat Jenderal Turki Rahmat Shah yang merupakan ayah dari aktris Tanah Air, Raline Shah.

Karyawan toko, Okky Juanda (31), menyampaikan, sudah ada 20 pesanan karangan bunga untuk ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. "Empat sudah diantar," tutur Okky saat berbincang dengan Liputan6.com, di Medan.

Menurut Okky, pihaknya bergerak cepat saat mengerjakan pesanan. Rata-rata pemesan yang meminta pesanannya diantar pada hari ini, memilih bunga mati. Ini agar karangan bunganya lebih awet hingga Minggu, 26 November nanti, waktu acara pesta adat berakhir.

"Satu papan sejamlah. Dirangkai dua papan gitu kan. Kalau sampai empat papan bisa harganya Rp 1 juta," jelas dia.

Harga di tokonya pun relatif terjangkau. Hanya saja, masuk momen pesta adat Bobby-Kahiyang, harga naik rata-rata Rp 100 ribu.

"Kalau hari biasa ya Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu. Ini Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu. Ya iya gara-gara ada ini kan," ujar Okky disambung tawa.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pedagang Lain

Sama halnya dengan Toko Nans Floris. Agung Hutauruk (18), salah satu pekerja, memprediksi pesanan akan membanjir pada Jumat, 24 November besok. "Kita enggak naikin harga. Nanti pada komplain he he," beber Agung.

Di tempat usahanya, satu papan karangan bunga dibanderol Rp 200 ribu. Sementara untuk per hari ini, baru satu pemesan untuk dikirim ke kediaman keluarga Bobby. "Jam 09.00 WIB pagi kita buka dan tutup sampai 21.00 WIB malam," tutur dia.

Soal omzet, kedua toko itu enggan merinci. Mereka hanya menyampaikan bahwa pemasukan jasa karangan bunga di Kota Medan tidak sebesar di Ibu Kota.

Meski ada yang banjir pesanan, ada juga yang belum merasakan dampak pesta adat Bobby-Kahiyang, seperti Toko Calissa Floris.

Pemilik toko, Cristy, menyebut, belum ada satu pun pesanan yang ditujukan untuk pernikahan itu. Padahal, lokasinya paling dekat dengan kediaman keluarga Bobby.

"Namanya rejeki-rejekian, ya. Belum ada sampai sekarang. Mungkin nanti besok ada," terang Cristy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.