Sukses

Permudah Bisnis, INSA Gandeng Lembaga Internasional BIMCO

Beberapa keuntungan didapatkan perusahaan pelayaran dengan menjadi anggota BIMCO.

Liputan6.com, Jakarta DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) bertemu dengan perwakilan Baltic and International Maritime Council (BIMCO) di Jakarta. Pertemuan tersebut antara lain bertukar informasi perihal kondisi industri pelayaran nasional dan internasional. 

Sekretaris Umum DPP INSA Budhi Halim mengatakan, pertemuan membahas tentang banyak hal menyangkut industri pelayaran dan juga peran BIMCO dalam industri maritim internasional, sekaligus menyosialisasikan keanggotaan BIMCO bagi pelayaran Indonesia.

Budhi menuturkan, INSA menyambut baik peran dan program BIMCO dalam industri maritim dunia. Beberapa keuntungan didapatkan perusahaan pelayaran dengan menjadi anggota BIMCO.

Beberapa keuntungan bagi pelayaran nasional yang menjadi anggota BIMCO itu antara lain, mendapatkan informasi terkini terkait industri pelayaran dunia setiap bulannya, mendapatkan bantuan konsultasi dari BIMCO jika mengalami kesalahpahaman kontrak dengan pihak ketiga.

“BIMCO bisa membantu jika terjadi dispute terkait dengan tagihan-tagihan yang tidak dibayarkan ataupun terjadi perbedaan perhitungan dengan pihak ketiga. Tentunya, konsultasi dari BIMCO disesuaikan dengan peraturan yang berlaku,” ujar dia dalam keterangannya, Senin (20/11/2017).

BIMCO merupakan organisasi internasional yang bergelut pada industri maritim yang mulai berdiri pada 1905 dan memberikan manfaat terkait industri pelayaran.

Lembaga ini juga memiliki agenda member meeting setiap tahunnya. Salah satu agendanya, pemilihan ketua BIMCO yang saat ini dipimpin salah satu pelayaran dari Yunani.

BIMCO memungkin pelatihan singkat selama 2 hingga 3 hari bagi anggota INSA yang juga menjadi member BIMCO dengan tema yang sesuai kebutuhan pelayaran nasional, ataupun mengikuti program dari BIMCO dengan pembiayaan yang ditanggung para peserta pelatihan.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari workshop yang digelar sebelumnya di Grand Mercure pada Kamis (16/11/2017). Hadir mewakili BIMCO Regional Manager Asia Wei Zhuang.

Sementara dari DPP INSA hadir Sekretaris Umum DPP INSA Budhi Halim, Wakil Ketua Umum IV Soeharyo Sangat, Wakil Ketua Umum I Capt. Witono Soeprapto dan Ketua Bidang Angkutan Cair Nick Djatmika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Standar Kesepakatan Bisnis

 

BIMCO mempunyai standar kesepakatan bisnis yang bisa dipakai perusahaan pelayaran untuk bekerja sama, seperti time charter party dan bareboat contract.

Ada juga kesepakatan lainnya yang menyangkut industri maritim, seperti bunker supply, floating acomodaiton barge, Ballast Water Management dan Greenhouse Gas (GHG).

Untuk menjadi anggota BIMCO, perusahaan pelayaran nasional dapat langsung mendaftarkan diri, maupun melalui  INSA yang kemudian mensosialisasikan kepada para anggotanya untuk menjadi anggota BIMCO.

Regional Manager BIMCO Asia, Wei Zhuang mengapresiasi sikap DPP INSA yang telah bersedia melakukan pertemuan kali ini dan telah membantu mengkoordinasikan program workshop yang digelar sebelumnya.

Dirinya juga telah mencatat dan akan menginformasikan terkait pertemuan ini kepada BIMCO, yang salah satunya menyangkut  prosedur menjadi anggota BIMCO dan besaran iuran anggota INSA yang akan menjadi member BIMCO plustermasuk juga potongan harga bagi perusahaan pelayaran anggota INSA

Dia pun mengharapkan, pertemuan kali ini akan mendapat tindak lanjut kerjasama antara INSA dan BIMCO ke depannya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.