Sukses

110 Warga Desa di NTB Akhirnya Bisa Nikmati Listrik Saat Malam

Pembagian LTSHE ini diharapkan dapat memberikan penerangan yang lebih baik bagi warga.

Liputan6.com, Jakarta Warga Desa Sori Tatanga, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari pemerintah. Sebanyak 110 paket telah dibagikan ke warga desa tersebut.

Kepala Biro Komunikasi, Layananan Informasi Publik, dan Kerja Sama (Biro KLIK), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana, mengatakan‎ pembagian LTSHE ini diharapkan dapat memberikan penerangan yang lebih baik bagi warga.

"Selama ini, warga kedua dusun tersebut hanya memanfaatkan lampu minyak sebagai penerangan di malam hari," kata Dadan, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (18/11/2017).

‎Menurut Dadan,yang hadir langsung menyaksikan pembagian dan pemasangan LTSHE ini, warga dusun sangat antusias dan gembira mendapatkan pembagian LTSHE ini. ‎Dia berharap warga dapat merawat dengan baik pemberian pemerintah ini.

“Bapak dan Ibu, lampunya mohon dijaga ya. Ini lampu pemberian pemerintah untuk Bapak Ibu supaya terang. Kedepannya diharapkan ada sambungan listrik yang lebih baik lagi”, ungkap Dadan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reaksi Warga

Kegembiraan warga mulai dari orang tua sampai anak-anak sangat terasa. Kepala RT di Desa Sori Tatanga, M Jafar mengungkapkan dirinya sangat senang dan berterima kasih kepada Pemerintah atas pembagian LTSHE ini.

“Terima kasih Bapak Jokowi dan Pak Menteri sudah dikasih lampu. Sekarang kalau malam sudah terang. Cucu Amak (Bapak) bisa belajar kalau malam,” ujar Jafar.

Saat ini terdapat 2.519 desa dengan 256.114 rumah yang masih gelap gulita.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ESDM Ignasius menjelaskan bahwa LTSHE ini sangat cocok untuk rumah pedesaan yang secara geografis dan distrubusi penduduknya tersebar serta sulit dijangkau jaringan PLN.

LTSHE tahun ini terpasang di 5 Provinsi di Indonesia dan diharapkan dapat melistriki 80.332 rumah. Sedangkan pada 2018, pemasangan LTSHE direncanakan untuk 15 provinsi dan dapat melistriki 175.782 rumah‎.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN