Bursa China Larang Aktris Ini Bermain Saham Selama 5 Tahun

Oleh Agustina Melani pada 15 Nov 2017, 07:45 WIB
(Foto: Reuters)

Liputan6.com, Beijing - Aktris kaya China Zhao Wei dan suaminya dilarang melakukan perdagangan saham selama lima tahun di China. Pasangan ini juga kena denda oleh otoritas bursa China.

Hukuman itu dilakukan lantaran ada penyimpangan tawaran pengambilalihan perusahaan. Zhao dan suaminya Huang Youlong melalui perusahaan yang mereka kendalikan Tibet Longwei Culture Media Co melakukan usaha gagal untuk membeli 29,1 persen saham Zhejiang Wanjia Co pada akhir 2016. Zhejiang Wanjia kemudian diambilalih oleh investor lain dan berganti nama menjadi Zhejiang Sunriver Culture Co.

Namun tawaran Tibet Longwei menarik perhatian dari China Securities Regulatory Commission (CSRC) soal keterbukaan informasi dan kemampuan pendanaan untuk mengambilalih saham tersebut.

Regulator juga menyebutkan kalau kedua pihak itu membuat penawaran sehingga timbul pernyataan yang menyesatkan dan kerugian besar. Ini berdasarkan dokumen kepada Zhejiang Sunriver ke bursa saham Shanghai.

"Tindakan bidder sangat mempengaruhi pasar, melukai kepercayaan investor kecil dan menengah di pasar, merusak keadilan dan keterbukaan pasar," tutur regulator, seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (15/11/2017).

 

1 of 2

Selanjutnya

Zhao, Huang dan Tibet Longwei tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar oleh Reuters. Demikian juga CSRC. Zhejiang Sunriver akan mengungkapkan informasi pada waktu yang depat sesuai Undang-Undang.

CSRC mendenda Zhao dan Huang masing-masing sekitar 300 yuan. Sedangkan Tibet Longwei Culture Media Co menerima denda 600 ribu yuan.

Sebelumnya Zhao dan Huang membangun kekayaan senilai 7 miliar yuan melalui investasi termasuk saham di Alibaba Picture Group. Berdasarkan laporan Hurun, Zhao berada di peringkat 567 untuk daftar orang terkaya di China pada 2017.

Zhao (41) menjadi terkenal dengan perannya di drama TV "My Fair Princess" yang diproduksi oleh Taiwan dan China pada 1998. Dia juga pernah berperan di film Shaolin Soccer dan Red Cliff.

Lanjutkan Membaca ↓