Mau Beli Rumah Cicilan Rp 1,5 Juta / Bulan? Datang ke Pameran FPI

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 14 Nov 2017, 15:15 WIB
Rumah murah

Liputan6.com, Jakarta Di Pameran Ini, Milenial Bisa Beli Rumah Seperti Bayar Kosan

Portal properti Rumah123.com bekerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk menggelar pameran properti bertajuk Festival Properti Indonesia (FPI). Acara ini berlangsung di Mal Kota Kasablanka mulai dari 14 hingga 19 November 2017.

Country General Manager Rumah123.com Ignatius Untung mengatakan, harga properti yang ditawarkan dalam pameran ini mulai dari Rp 250 juta. Sehingga, kata dia, konsumen bisa membeli rumah seperti membayar kosan tiap bulannya.

"Jadi saya sebut properti yang kita tawarkan mulai Rp 250 juta, kalau lihat cicilannya itu hanya Rp 1,5 juta per bulan jadi masih cukup masuk akal dan masih terjangkau. Kalau ngekos juga kurang lebih segitu, tapi jangan juga dibandingkan fasilitas yang wah banget, artinya properti kalau mau yang ideal enggak akan pernah bisa. Kecuali lahir sudah kaya," kata dia di Mal Kota Kasablanka Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dia mengatakan, pameran ini lebih menyasar pada kaum milenial. Menurutnya, selama ini milenial kesulitan mengakses properti karena harga serta cicilannya terlalu tinggi. Apalagi, kaum milenial berorientasi pada pengalaman, sehingga uang yang mereka punya cenderung untuk liburan.

Ignatius menambahkan, properti yang ditawarkan untuk pameran ini berada di kawasan Jabodetabek.

"Milenial sudah waktunya diedukasi bahwa mereka harus mulai mempertimbangkan. Kita mengerti di sisi mereka dengan pilihan yang ada kemarin sulit buat mereka beli rumah, harganya enggak terjangkau, cicilan tinggi, syarat susah," ujar dia.

Menurutnya, kaum milenial mampu membeli rumah. Hal ini mempertimbangkan gaji yang mereka miliki.

"Kalau tadi kita ngomong cicilan Rp 1,5 juta sebenarnya dibutuhkan gaji Rp 4,5 juta. Harusnya lulusan S1 bisa, UMP saja Rp 3,3 juta, ini naik Rp 3,6 juta itu UMP buruh lulusan SMA sederajat. Harusnya S1 Rp 4 juta-4,5 juta fresh graduate harusnya segitu masih masuk," ungkapnya.

 

1 of 2

Suku Bunga Kredit

Sementara, dalam acara ini, Bank Mandiri menawarkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 5,99 persen pada tahun pertama. Serta, bunga KPR 6,35 persen selama dua tahun berikutnya. Bank Mandiri juga memberikan persetujuan kredit pada hari yang sama (same day approval) asal segala persyaratan terpenuhi.

Senior Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Harry Gale mengatakan, potensi bisnis properti positif sejalan dengan perekonomian nasional yang membaik.

"Selain ragam pilihan lokasi hunian, pengunjung juga berkesempatan mendapatkan promo pembiayaan KPR yang menguntungkan dari Bank Mandiri, antara lain suku bunga spesial dan same daya approval," ujar dia.

Menurutnya, acara ini akan menopang bisnis KPR Bank Mandiri. Perseroan sendiri mengincar pertumbuhan 16 persen tahun ini.

"Di FPI, kami berharap bisa membukukan pencairan KPR sekitar Rp 55 miliar," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓