Seleksi CPNS 2018 Tunggu Restu Presiden

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 14 Nov 2017, 12:14 WIB
Ilustrasi tes CPNS (4)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada awal tahun depan. Seleksi CPNS ini tidak hanya untuk kementerian lembaga (KL) di pemerintah pusat, melainkan juga pemerintah daerah.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur di Kementerian PAN-RB Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Asman menuturkan, seleksi CPNS juga akan dibuka untuk beberapa formasi, terutama pada formasi yang tak terisi saat seleksi CPNS tahun ini.

"Sama formasi kemarin enggak terisi. Misal BNN ada pelatih anjing pelacak ternyata enggak banyak yang lulus," kata Asman.

Terkait seleksi CPNS untuk pemerintah daerah, Asman mengatakan, daerah yang boleh mengusulkan formasi ialah daerah yang belanja pegawainya tak lebih dari 50 persen. Lalu, formasi tersebut nantinya disesuaikan dengan pengembangan daerah.

"Termasuk KL dan pemerintah daerah (formasinya). Pemerintah daerah sudah kita siapkan syarat-syaratnya. Jadi bagi syarat daerah yang kita berikan formasi itu tidak boleh salah satunya belanja pegawainya di atas 50 persen," kata dia.

"Tergantung kebutuhan riil di sana, belanja pegawai enggak boleh lebih 50 persen. Jumlah yang kita terima sesuai dengan kebutuhannya. Konsentrasi kemana pembangunan daerah itu yang kita prioritaskan," sambung dia.

Asman menuturkan, rencana penerimaan CPNS 2018 sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pihaknya juga tengah koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait kebutuhan anggaran.

"Mudah-mudahan dengan trust yang terbangun sekarang saya punya kesempatan membuka formasi 2018. Dan ini sudah saya ajukan Bapak Presiden. Saya berharap Bapak Presiden menyetujui. Kemudian saya bersama Menteri Keuangan sedang menghitung berapa cost yang dibutuhkan penerimaan 2018," dia menandaskan.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 of 2

Penerimaan CPNS akan Disesuaikan dengan Usulan Pemda

Pemerintah akan membuka lowongan CPNS daerah secara nasional pada 2018. Formasi CPNS 2018 tersebut khusus untuk kabupaten/kota.

Hal tersebut dibenarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Makassar, "Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi," katanya dikutip dari Antara, Senin (13/11/2017).

Menurutnya, penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah.

"Jangan bidang pertanian misalnya yang ingin kita kembangkan, tetapi tidak punya pegawai di bidang pertanian," ujarnya.

Asman berharap Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan.

Sementara terkait jumlah CPNS yang akan diterima, Asman mengatakan sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

"Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen," katanya.

Tahapan seleksi CPNS 2018 akan dimulai setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 selesai dilaksanakan. Namun, Asman sendiri berharap agar perekrutan CPNS daerah ini dilakukan secepatnya.

Selain itu, Menteri Asman belum memastikan apakah tahapan CPNS 2018 khusus daerah ini digelar serentak atau terpisah.

 

Lanjutkan Membaca ↓