Sukses

6 Trik Tetap Produktif Kerja Saat Musim Hujan

Lakukan beberapa hal ini untuk tetap produktif selama musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba. Bagi sebagian pekerja, ini bisa menjadi momok tersendiri. Bukan hanya jalanan yang dibuat semakin macet, tetapi banjir di mana-mana dan kesehatan juga akan terganggu.

Untuk mensiasati hal tersebut, Anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini untuk tetap produktif selama musim hujan.

Berikut ulasannya melansir Lifehack.org, Selasa (14/11/2017):

1. Selalu bawa perlengkapan saat musim hujan

Untuk Anda yang mengendarai kendaraan roda dua, sebaiknya siapkan peralatan yang mendukung saat musim hujan seperti jaket dan jas hujan. Selain itu, siapkan juga payung hingga obat-obatan pribadi di dalam tas Anda. Dengan perlengkapan tersebut tidak ada lagi alasan untuk tidak masuk kerja.

2. Berangkat kerja lebih awal

Untuk mengantisipasi cuaca yang buruk, ada baiknya Anda berangkat kerja lebih awal. Hujan yang turun di pagi hari bisa menjadi penyebab Anda terlambat sampai di kantor. Pasalnya, genangan air akibat hujan kerap menimbulkan kemacetan parah.

Belum lagi ditambah dengan sulitnya mendapatkan transportasi umum. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk berangkat kerja lebih awal, Anda bisa mencoba mencari rute-rute alternatif yang aman dari genangan air serta kemacetan.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Konsumsi vitamin

Saat pergantian musim atau pancaroba yakni peralihan musim dari kemarau menuju penghujan atau sebaliknya, biasanya tubuh akan menyesuaikan dan tidak bisa secara langsung menerimanya.

Dalam proses ini biasanya akan mempengaruhi kekebalan tubuh akan cuaca yang mengakibatkan rentan terhadap penyakit. Maka, untuk menangani itu semua, Anda harus mengkonsumsi vitamin secara rutin, baik berupa obat-obatan maupun buah yang kaya akan vitamin.

4. Jangan tinggalkan olahraga

Musim hujan bukan alasan untuk Anda tidak berolahraga. Anda bisa lalukan olahraga ringan seperti push up, sit up, skipping, yoga dan masih banyak lainnya. Selain untuk membakar kalori, olahraga secara rutin bagus untuk memperlancar aliran darah sehingga sirkulasi darah dan oksigen tetap terjaga.

3 dari 3 halaman

5. Perbanyak minum air putih dan makanan sehat

Mengkonsumsi air putih dan makanan sehat bagus untuk menjaga kesehatan Anda untuk tetap produktif bekerja dan memberikan daya tahan tubuh yang lebih kuat saat musim hujan.

Tak jarang, banyak orang yang terjangkit penyakit saat musim hujan seperti demam, flu, batuk dan lainnya. Maka, perbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi, serat dan vitamin.

6. Tidur yang cukup

Tak jarang, tugas-tugas kerja sering kali menyita waktu sehingga Anda lupa untuk beristirahat. Demi mendapatkan mood hingga kesehatan tubuh, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7 sampai 8 jam sehari.

Sebab dengan memiliki waktu tidur yang cukup, daya tahan tubuh, kreativitas, peredaran darah akan meningkat keesokan harinya. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.