Sukses

Peringati Hari Listrik, PLN Terangi 101 Desa di Papua

Dengan mengaliri listrik di 101 desa, 40 distrik, dan 19 kabupaten kota, PLN mendapatkan penambahan pelanggan kurang lebih 1.441.‎

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) memberikan kado istimewa berupa penerangan listrik kepada masyarakat di 101 desa di Papua dan Papua Barat. Ini dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-72 tahun 2017.

Direktur Regional PLN Maluku dan Papua Ahmad Rofik mengatakan,‎ 101 desa tersebut tersebar di 16 desa yang masuk wilayah Sorong, 4 desa di Merauke, 6 desa di Timika, 52 desa di Manokwari, 16 desa di Jayapura, dan 7 desa di Biak.

“Hari ini secara serentak 101 desa tersebar sudah menikmati listrik PLN. Ini menjadi kado yang sangat spesial bagi warga Papua dan Papua Barat yang puluhan tahun belum menikmati listrik,” kata Ahmad, di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Menurut dia, dengan mengalirkan listrik  101 desa, 40 distrik, serta 19 kabupaten kota, PLN mendapatkan penambahan pelanggan kurang lebih 1.441.‎ Di Papua dan Papua Barat hingga saat ini, sudah 117 desa yang menikmati listrik, dari target 379 desa pada tahun ini, sedangkan desa sisanya akan menikmati listrik pada akhir 2017.

"Sisa desa yang belum kami usahakan dapat selesai di akhir tahun ini,” ungkap Ahmad.

Total kapasitas daya keseluruhan PLTD dengan sistem isolated sebesar 300 kilowatt (kW) dengan panjang Jaringan Tengangan Menengah (JTM) 214,37 kilometer sirkit ( kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 157,04 kms. Untuk melistriki desa di Papua dan Papua Barat, PLN menggunakan dua cara.

“Ada desa yang sistemnya dibuat isolated dengan memasang pembangkit diesel, seperti di Distrik Neney. Namun, banyak di antaranya menggunakan sistem grid (perluasan) dari kelistrikan yang sudah ada sebelumnya,” kata Ahmad.

Tersebarnya lokasi permukiman penduduk di pegunungan, serta akses transportasi ke lokasi permukiman menjadi tantangan tersendiri bagi PLN untuk membangun pembangkit dan jaringan listrik hingga ke pelosok.

“Bukan hal yang mudah untuk merealisasikan target tersebut, banyak kendala-kendala yang dialami oleh petugas lapangan dalam melistriki desa. Salah satunya seperti kondisi geografis dan medan yang sulit sehingga menyulitkan mobilisasi. Melalui program Papua Terang 2020, PLN membangun pembangkit dan jaringan listrik hingga ke pelosok desa yang sebelumnya belum berlistrik," dia menandaskan.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN