Sukses

2 Desa Pulau Sabang Mawang Natuna Akan Nikmati Listrik PLN

PLN akan memasok listrik di dua desa di Natuna dengan mendatangkan P‎LTD berkapasitas 2X500 kW.

Liputan6.com, Natuna ‎PT PLN (Persero) akan menambah pasokan listrik sebesar 2X500 kilo Watt (kW) di Pulau Sabang Mawang Kecamatan Tiga, Natuna. Tambahan pasokan listrik tersebut akan menerangi dua desa.

Manager Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dwi Suryo Abdullah mengungkapkan, di Pulau Sabang Mawang terdapat empat desa. Sebanyak ‎dua desa sudah menikmati listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) 300 kilo Watt (kW) untuk memenuhi kebutuhan listrik 75 kW.

"Kebutuhan listrik di sini, 75 kw dari mesin kami 300 kW," kata Dwi, di Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (20/10/2017).‎

Dwi melanjutkan, untuk masyarakat 2 desa yang belum teralirkan listrik PLN, saat ini sebenarnya sudah menikmati listrik. Pasokan listrik tersebut berasal dari genset milik penduduk.

Meski begitu, PLN akan tetap memasok listrik bagi dua desa tersebut, dengan mendatangkan P‎LTD berkapasitas 2X500 kW. Saat ini, sedang dilakukan pembangunan jaringan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit ke jaringan.

Menurut Dwi, dua desa tersebut akan menikmati listrik pada tahun depan. ‎"Di sini ada empat desa. Dua desa sudah berlistrik, dua desa di akhir tahun untuk jaringannya diselesaikan," dia menuturkan.

Saat ini PLN menyelesaikan pengerjaan PLTD di Pulau Tiga Barat yang bersebelahan dengan‎ Sebawang Mawang. Pulau tersebut diprioritaskan karena belum mendapatkan pasokan listrik dari PLN.

"Sampai November pulau 3 barat. Di sini sudah ada jaringan (pasokan listrik dari PLN), nanti kalau selesai di sana dilanjutkan ke sini, untuk 2 desa 2X500 kW," tutup Dwi.

Dwi mengungkapkan, PLN telah berkomitmen mewujudkan Indonesia terang, tahun ini ditargetkan 33 desa di 27 pulau menikmati listrik. Sedangkan seluruhnya pada 2019.

"Sesuai perencanaan kami PLN komit terwujudnya Indonesia terang. Dalam sekala kecil mewujudkan desa terang sebagaimana tugas negara ke perusahaan targetnya2019,"‎ dia menandaskan.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.