Sukses

5 Perusahaan Raksasa yang Lahir di Kos-kosan Mahasiswa

Banyak perusahaan ternama di dunia yang mengalami hal ini. Tak butuh modal besar, perusahaan tersebut ternyata didirikan dari asrama kampus.

Liputan6.com, New York - Ide bisnis memang bisa datang dari mana saja. Berawal dari pengalaman sederhana, hal itu akhirnya bisa menjadi inspirasi bisnis yang mampu membantu banyak orang.

Banyak perusahaan ternama di dunia yang mengalami hal ini. Tak butuh modal besar, perusahaan tersebut ternyata didirikan dari asrama kampus. Pendirinya kala itu pun masih berstatus sebagai mahasiswa.

Perusahaan apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari Businessinsider, Selasa (10/10/2017):

1. FedEx

Pada 1962, seorang mahasiswa Yale University bernama Fred Smith mengerjakan proposal bisnis sebagai tugas kuliahnya. Fred kala itu membuat perusahaan logistik berskala global yang bisa mengantarkan barang via kargo hingga ke rumah konsumen. Kala itu, Fred mendapat nilai C untuk proposal bisnisnya.

Tak disangka, selepas lulus Fred mampu mendapat investasi sebesar US$ 91 juta. Ia kemudian meluncurkan Federal Express atau yang lebih dikenal dengan FedEx pada 1971. Perusahaan tersebut kini mampu mencetak keuntungan hingga US$ 50 miliar per tahun.

2. DropBox

Mike Blake/Reuters

Seorang mahasiswa MIT Drew Houston memiliki kebiasaan yang buruk. Ia selalu lupa membawa USB-nya untuk keperluan tugas. Hal inilah akhirnya yang mengilhami Drew bersama koleganya Arash Fersowsi membuat situs penyimpanan cloud-drive DropBox.

Perusahaan tersebut diluncurkan pada 2007. Kini perusahaan tersebut memiliki nilai US$ 10 miliar dengan pengguna sebanyak 500 juta orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Dell

Rebecca McEntee / AP Images

Pada tahun 1983 mahasiswa University of Texas at Austin Michael Dell mulai berjualan komponen komputer dari kamar asramaya. Dell kemudian meluncurkan bisnisnya secara resmi setahun kemudian dan memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah.

Michael Dell kini duduk di peringkat 38 orang terkaya di dunia dengan harta US$ 23 millilar. Dell juga menjadi perusahaan komponen komputer terbesar ketiga di dunia.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Wordpress

Mahasiswa baru University of Houston Matt Mullenweg terinspirasi membuat WordPress karena ingin mencari cara yang lebih mudah untuk mempublikasikan situs pribadinya. Pada tahun 2003, ia bersama pengembang Inggris Mike Little membuat naskah PHP dan mulai membangun WordPress dari kamar asramanya.

14 tahun kemudian, teknologi yang dikembangkan keduanya mampu menguasai 26 persen situs paling sering diakses di internet

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Facebook

Mark Zuckerberg di asrama kampus Harvard (Sumber: Business Insider)

Facebook berawal dari sebuah kamar asrama sederhana di Universitas Harvard. Di situlah, Mark Zuckerberg menggodok ide Facebook hingga akhirnya meraksasa.

Facebook kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Zuckerberg juga menjadi orang terkaya kelima di muka bumi dan mempekerjakan 11 ribu pegawai Facebook di kantor baru yang megah di kawasan Silicon Valley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini