Sukses

7 Cara Menginap Gratis Saat Jalan-Jalan

Kamu bisa mendapatkan informasi bagaimana cara menginap gratis ketika jalan-jalan melalui 7 situs ini. Apa sajakah ketujuh situs tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu apakah dua hal wajib yang harus dimiliki sebelum memulai perjalanan? Jawabannya adalah akomodasi dan tiket perjalanan. Kedua hal ini cukup menguras kantong sehingga perlu menjadi perhatian utama, khususnya untuk traveler dengan bujet minim.

Namun, jangan khawatir karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya perjalanan. Salah satunya adalah dengan mencari penginapan gratis!

Seperti dengan mencari penginapan gratis dengan memanfaatkan komunitas online. Ternyata banyak juga situs yang memberikan informasi seputar penginapan gratis yang ada di dunia. Dikutip dari Swara Tunaiku, inilah situs yang wajib kamu akses untuk mencari tempat penginapan tanpa biaya di dunia.

1. Global Freeloaders

Satu hal yang menjadi pembeda antara Global Freeloaders dan situs lain yaitu kamu harus menjamu tamu baru setelah dijamu oleh host family. Sebagai gambaran, jika kamu telah menginap gratis di rumah host  selama 20 kali, maka kamu juga harus menjamu tamu lain sebanyak 20 orang.

2. Couchsurfing

Nama Couchsurfing sudah tak asing lagi bagi para traveler dunia. Di sinilah kamu bisa mencari tempat tinggal untuk menumpang tidur beberapa waktu. Cukup dengan login  dan mengisi profile secara online, kamu bisa mulai mencari host family di negara tujuanmu. Mereka juga menyediakan garasi, sofa, atau matras untukmu.  

Selain tak dipungut biaya, kamu bisa sekaligus belajar budaya lokal, kesempatan untuk bertemu orang barang dan punya teman baru (host family).

3. Bewelcome

Tak beda jauh dengan Couchsurfing, kamu bisa mendaftar di Bewelcome. Cukup dengan membuat akun di situs ini, kamu bisa mulai mencari-cari host family. Namun, karena situs ini masih baru belum banyak host yang bisa kamu pilih.

Simak video pilihan di bawah ini:

4. Housesitting

4. Housesitting

Situs ini cukup unik lho! Kamu bisa menginap gratis dengan ‘imbalan’ harus menjaga sekaligus merawat rumah yang tengah ditinggal pergi pemiliknya. Bisa karena tinggal di luar negeri atau tengah liburan. Bagi kamu yang ingin rehat sejenak dari rutinitas dalam waktu lama, bisa mencari host di situs ini.

5. Helpx

Para backpacker pasti bakal suka dengan situs yang satu ini. Selain penginapan, kamu juga akan dijamu makanan secara gratis lho. Namun, jangka waktu menginap di Helpx cukup pendek.

Sehingga cocok untuk kamu yang sering berpindah-pindah. Satu lagi, meski saat mendaftar tak dipungut biaya, kamu harus bayar sebesar US$ 25 jika ingin melihat profile host secara lengkap.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Trustroots

Jika kamu tertarik dengan hitchhikers, cobalah untuk mendaftar di situs Trustroots. Tak hanya dapat tempat menginap gratis, di sinilah kamu akan diajari bagaimana untuk hitchhiking ke tujuanmu.

Seperti bagaimana cara untuk berkelana dengan mencari tumpangan dan di mana saja kamu bisa melakukannya. Makin enak lagi kalau host tahu orang yang bisa kamu tumpangi saat akan melanjutkan perjalanan.

7. Worldpackers

Jika ingin mendaftar di situs ini, kamu diwajibkan punya kemampuan khusus. Lalu, kamu bisa mencari info tentang calon penjamu dan berapa lama bisa tinggal. Jika diterima kamu bisa medapat makanan gratis dan imbalannya kamu harus mengerahkan kemampuanmu untuk membantu si penjamu.

Keberadaan tujuh situs ini menjadi angin segar dalam dunia traveling. Wah, banyak juga ya cara untuk memangkas bujet perjalanan. Tinggal cari community site yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sudah memutuskan untuk memilih yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.