Ada 1.610 Lowongan CPNS di BPN, Terbanyak untuk Lulusan D1

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 14 Sep 2017, 12:00 WIB
Ilustrasi lowongan CPNS 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang tahun ini ditargetkan menyelesaikan 5 juta sertifikat, membuka lowongan CPNS 2017 untuk 1.610 formasi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 790 formasi CPNS 2017 tersedia untuk jabatan Petukar Ukur lulusan Diploma Satu (D1) Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.

Ketua Panitia Seleksi CPNS Kementerian ATR/BPN Tahun 2017, M. Noor Marzuki, dalam pengumumannya tanggal 5 September 2017 menyebutkan, jabatan-jabatan yang dibuka dalam penerimaan CPNS kali ini adalah: a. Analis Penetapan Hak Atas Tanah (37 formasi); b. Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (553 formasi); c. Surveyor Pemetaan (220 formasi); dan d. Petugas Ukur (790 formasi).

“Kecuali untuk jabatan Petugas Ukur yang mensyaratkan lulusan D1, untuk jabatan-jabatan lain yang membuka lowongan dibutuhkan lulusan Strata Satu (S1) Hukum, Geodesi dan Geografi, dan Strata Dua (S2) Hukum/Kenotariatan,” tulis Marzuki dalam pengumumannya dikutip dari Setkab.go.id, Kamis (14/9/2017).

Dari 1.610 formasi CPNS 2017 yang disediakan Kementerian ATR/BPN dalam seleksi kali ini, sebanyak 1.401 formasi disediakan untuk pelamar umum; 160 untuk peserta lulusan terbaik (cumlaude); 32 formasi untuk penyandang disabilitas; dan 16 formasi untuk putra/putri Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Menurut Marzuki, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS akan ditempatkanpada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provins,i dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa (rincian penempatan dapat dilihat melalui alamat http://www. artbpn.go.id .

Karena itu, lanjut Ketua Pansel CPNS Kementerian ATR/BPN Tahun 2017 itu, peserta harus memilih salah satu jabatan dan unit kerja penempatan (Kementerian ATR/BPN atau Provinsi).

Simak video pilihan di bawah ini:

Penempatan



Peserta yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS, sambung Marzuki, harus bersedia ditempatkan pada Satuan Kerja yang ditentukan untuk jangka waktu minimal 10 tahun.

Pendaftaran penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ini dilakukan secara online melalui situs http://sscn.bkn.go.id pada 11-25 September 2017.

“Pelamar dapat memilih lokasi ujian terdekat dengan kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN,” jelas Marzuki.

Seleksi penerimaan CPNS di Kementerian ATR/BPN ini dilaksanakan berjenjang, mulai dari seleksi administratif, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), hingga pengumuman lulusan seleksi akhir pada 20 November 2017 mendatang.