Budi Karya: Pelamar CPNS 2017 di Kemenhub Harus Berintegritas

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 12 Sep 2017, 12:13 WIB
Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017. Pada tahun ini, Kemenhub mendapat alokasi formasi 400 jabatan yang akan ditempatkan di berbagai wilayah Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, selama ini beberapa jabatan di daerah dikerjakan merangkap karena kekurangan personel. Dengan adanya tambahan tersebut diharapkan bisa membuat setiap jabatan memiliki spesialisasi sendiri-sendiri. 

"400 jabatan itu banyak dibutuhkan di daerah. Selama ini ada jabatan yang tidak dikerjakan secara spesialis, tetapi merangkap. Oleh karena itu, saya meminta kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk menambah formasi di Kemenhub khususnya kepala pelabuhan, bandara dan orang teknik yang dibutuhkan di daerah," kata Budi Karya di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu juga berpesan bagi para pelamar CPNS 2017 di Kemenhub untuk memiliki jiwa sebagai pelayan masyarakat dan berintegritas. Ini dikarenakan, Kemenhub memang kementerian yang banyak bersentuhan dengan perizinan.

Pelayanan itu, baik berupa langsung, seperti di pelabuhan, bandara, terminal dan berbagai pusat transportasi lain, atau pelayanan tidak langsung, seperti pengurusan perizinan di masing-masing sektor. Selain itu, integritas serta loyalitas juga dua hal yang disyaratkan Budi Karya.

Maka dari itu, dengan ditugaskan di daerah tersebut, diharapkan akan membentuk pegawai Kemenhub yang tidak berjiwa birokrat.

"Harus tanpa berbasa-basi, mempunyai visi hidup bermasyarkat, bagaimana mereka mampu melayani hidup di Aceh, di Kalimantan Utara, di Papua. Karier pertama harus dinas di sana, mereka harus mengabdi pada tugas," tutup Budi Karya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 of 2

Rincian formasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017, seperti tertuang dalam pengumuman resmi di laman Kemenhub.

Pengumuman Nomor PG 26 Tahun 2017 ini memuat mengenai syarat, cara, kualifikasi pendidikan, jabatan, dan lainnya yang dibutuhkan untuk memenuhi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Tawaran penerimaan CPNS Kemenhub terbuka bagi pria dan wanita yang memiliki kualifikasi pendidikan, mulai dari SLTA/sederajat hingga S2, tergantung pada penempatan jabatan yang diinginkan. Total formasi yang dibuka 400 formasi.

Dari 400 formasi itu, hanya 355 formasi yang diberikan untuk umum. Sisanya, bagi lulusan cum laude sebanyak 40, putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 4, dan untuk disabilitas sebanyak 1.

Untuk jabatan yang dibuka, terdapat 51 posisi. Posisi tersebut, antara lain Pengelola Teknologi Informasi, Analis Hukum, Pengelola Bengkel, Analis Pelabuhan, Pengendali Jaringan Komunikasi, Mualim Kapal, Teknisi Mesin, Analis Lalu Lintas, Masinis Kapal, Juru Mudi, Rescuer Pemula, Analis Pelayaran, Pengawas Pelabuhan, Penjaga Mercusuar, Pengawas Lalu Lintas Laut, dan masih banyak lainnya.

Tidak ada yang berbeda dengan pendaftaran CPNS lainnya, pendaftaran dapat dilakukan secara online hingga 25 September 2017 melalui https://sscn.bkn.go.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Mahmud SumbawaMahmud Sumbawa

tradisi adu kerbau suku toraja

Andri SupriyonoAndri Supriyono

ada yang bisa jelaskan antara cpns dan ASN gak? kalo misalnya sama kenapa sekarang judulnya bukan penerimaan calon ASN tapi penerimaan calon pns?! mohon infonya ya. tk