Sukses

IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan

Penguatan IHSG kemarin ditopang oleh sektor pertanian dan properti.

Liputan6.com, Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksi menguat pada perdagangan saham Selasa sepekan ini. Tren penguatan IHSG bakal berlanjut setelah sehari sebelumnya ditutup positif.

Pada perdagangan awal pekan ini, IHSG ditutup menguat 14,76 poin atau 0,25 persen  ke level 5.871,88.

"Diperkirakan pergerakan IHSG selanjutnya masih berpeluang positif dengan range pergerakan 5.833-5.916," kata Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi di Jakarta, Selasa (12/8/2017).

Lebih lanjut, Lanjar menerangkan penguatan IHSG kemarin ditopang oleh sektor pertanian dan properti. Penguatan IHSG ditopang oleh data cadangan devisa.

"Data penjualan eceran lebih rendah dari perkiraan melambat hingga -3,3 persen dari 6,3 persen diperiode sebelumnya menjadi faktor utama penahan di saat data cadangan devisa naik di atas harapan US$ 128,8 miliar dari US$127,8 miliar," ujar dia.

Penguatan IHSG sejalan dengan Bursa Asia yang mayoritas ditutup positif. Indeks saham Hangseng naik 1,04 persen, Nikkei naik 1,41 persen, Topix naik 1,17 persen, dan Kospi naik 0,66 persen.

"Yen dan emas turun mengawali aksi profit taking pada asset haven setelah menjadi primadona di tengah ketegangan geopolitik pekan lalu," ujar dia.

Hari ini, Lanjar merekomendasikan saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Astra International Tbk (ASII), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT PP Tbk (PTPP), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Timah Tbk (TINS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IHSG