Sukses Uji Coba Nuklir, Intip Kemewahan Pesta Warga Korea Utara

Oleh Vina A Muliana pada 08 Sep 2017, 20:01 WIB
Korut Siap Luncurkan Rudal Nuklir Serang Balik AS

Liputan6.com, Jakarta - Awal September lalu, Korea Utara (Korut) mengejutkan dunia internasional setelah mengklaim sukses menguji coba sebuah bom hidrogen. Hal itu disampaikan media pemerintah negara Korut.

"Korea Utara sukses melakukan uji coba sebuah bom hidrogen pada rudal balistik antarbenua (ICBM)," demikian pengumuman yang disampaikan pembaca berita veteran Ri Chun-hee seperti dilansir CNN.

Ini merupakan uji coba nuklir keenam Korea Utara dan yang pertama sejak Donald Trump dilantik. Sontak, pihak internasional pun semakin gencar memberlakukan sanksi internasional pada negara komunis ini.

Meski begitu, pihak Korut justru tidak ambil pusing terhadap semua ancaman yang dialamatkan padanya. Negara pimpinan Kim Jong Un ini malah berpesta merayakan kesuksesan uji coba nuklir yang baru mereka lakukan.

Hal tersebut terlihat dari foto yang dirilis oleh media resmi pemerintahan Korea Utara. Dilansir dari express.co.uk, banyak orang tumpah ke jalan. Dengan mengenakan baju tradisional, mereka merayakan kesuksesan lewat bernyanyi dan menari.

foto: AFP

Berbagai kembang api ditembakkan ke udara. Balon-balon berwarna merah biru juga menghiasi langit Pyongyang. Warga ibu kota Korea Utara ini berbaris di jalan-jalan, kemarin, melambaikan pom-pom warna merah muda dan ungu, serta bersorak ke arah konvoi bus yang membawa para ilmuwan ke dalam kota, sembari melemparkan bunga kertas hiasan kepada mereka begitu berjalan memasuki Lapangan Kim Il-Sung.

"Kita menyampaikan penghormatan agung kepada Kamerad Kim Jong-Un, Sang Pemimpin Tertinggi yang telah membawa kita ke pencapaian tertinggi dalam sejarah bangsa Korea," demikian bunyi salah satu banner di lapangan itu di mana puluhan ribu orang bersorak sorai.

Banner lainnya yang bergambar peluru kendali di truk pengangkut misil ditulisi kalimat, "Tidak ada seorang pun yang boleh menghentikan kita berjalan ke masa depan."

Para warga Korea Utara juga memberikan apresiasinya terhadap ilmuwan yang sudah bekerja membuat bom nuklir. Bukan hanya dari kalangan penduduk, para tentara dan pihak militer pun turun ke jalan untuk menikmati selebrasi yang diadakan.