Sukses

Top 3: Hal yang Wajib Diketahui soal Lowongan CPNS 2017 Tahap II

Simak rangkuman 3 berita paling dicari, salah satunya perihal lowongan CPNS gelombang II.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 61 instansi pemerintah membuka lowongan CPNS yang diperuntukkan bagi 17.928 orang. Ini merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya rekrutmen dibuka untuk Kemenkumham dan Mahkamah Agung (MA).

Bagi yang berminat, sebelum memasukkan lawaran, perhatikan terlebih dulu beberapa hal sebelum ikut dalam proses penerimaan ini.

Imbauan ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Kamis (7/9/2017):

1. 8 Hal yang Wajib Diketahui Soal Lowongan CPNS 2017 Gelombang II

Pemerintah tengah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2017). Sebanyak 61 instansi pemerintah membuka lowongan CPNS yang diperuntukkan bagi 17.928 orang.

Pendaftaran lowongan CPNS ini dibuka pada 11 hingga 25 September mendatang. Seperti disiarkan oleh Kemenpan RB, Rabu (6/9/2017) ada beberapa informasi yang harus Anda perhatikan sebelum ikut dalam proses penerimaan ini.

Berikut ulasannya sebagaimana dihimpun oleh Liputan6.com:

1. Bisa mengecek informasi jadwal lewat tiga portal pemerintah

Ada tiga portal pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses informasi mengenai penerimaan CPNS 2017 gelombang kedua. Tiga situs tersebut adalah:

1. www.menpan.go.id
2. https://ssc.bkn.go.id atau
3. https://cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2

Berita selanjutnya

2. HEADLINE: Lowongan CPNS Dibuka Besar-besaran, Perlukah?

Raut muka Arnie (27) langsung semringah usai membaca berita di sebuah situs. Dalam artikel tersebut tertulis bahwa pemerintah kembali membuka lowongan kerja bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2017.

Menjadi PNS sudah menjadi cita-cita wanita berkacamata ini. Sejak lulus kuliah lima tahun lalu, dia selalu mendaftar jika ada pembukaan lamaran CPNS. Sayangnya, keberuntungan belum kunjung menghampiri.

Malangnya lagi, sejak 2015 lalu pemerintah menerapkan kebijakan moratorium dan menghentikan sementara penerimaan PNS. Diputuskan, moratorium dijalankan hingga 2018 nanti.

Pemerintah tak secara total menghentikan rekrutmen. Ada beberapa kategori khusus yang masih tetap dibuka, yakni: Guru Garis Depan (GGD), Penyuluh Pertanian, Dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT), Bidan PTT, Penjaga Lapas, Petugas Imigrasi dan Calon Hakim.

Berita selanjutnya

3. Terkuak, Ini Daftar Negara yang Jadi Mitra Dagang Korea Utara

Pengumuman mengejutkan Korea Utara (Korut) yang tengah mengembangkan bom hidorgen direspons keras oleh banyak negara di dunia. Amerika Serikat yang juga anggota Dewan Keamanan PBB bahkan mengancam untuk memutus semua hubungan dagang negara pimpinan Kim Jong-un ini.

Meski kiprah Korea Utara di dunia internasional tak cukup signifikan, tercatat ada beberapa negara yang menjadi mitra dagang negara komunis ini. Seperti diberitakan Fortune, Kamis (7/9/2017), mitra perdagangan terbesar Korea Utara adalah Tiongkok. Negeri tirai bambu bertanggung jawab mengontrol 90 persen perdagangan internasional Korea Utara.

Selain Tiongkok, beberapa negara yang juga bermitra dagang dengan Korea Utara juga berasal dari Asia. India, Pakistan, Filipina, dan Thailand dilaporkan pernah bekerja sama dengan negara berpopulasi 25,27 juta jiwa ini.

Berita selanjutnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini