Sukses

4 Miliarder Ini Pernah Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia

Bill Gates sempat beberapa kali disalip oleh rekannya sesama miliarder di peringkat nomor satu dunia.

Liputan6.com, New York - Predikat orang terkaya nomor satu di dunia dipegang oleh Bill Gates. Pendiri Microsoft ini pertama kali memegang titel bergengsi ini pada 1995. Bertahun-tahun berada dalam daftar orang terkaya dunia, Forbes mencatat kekayaan Bill Gates kini menyentuh angka US$ 86,4 miliar.

Meski demikian, suami dari Melinda Gates ini sempat beberapa kali disalip oleh rekannya sesama miliarder di peringkat nomor satu dunia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya melansir Forbes, Selasa (5/9/2017)

1. Warren Buffett

Angka tersebut sukses melampaui pendapatan lelang yang didapat pada tahun sebelumnya.

Edisi Forbes yang keluar pada 27 Oktober 2008 lalu menempatkan Warren Buffett di peringkat nomor satu orang terkaya sejagad. Buffet, pemilik lembaga keuangan the Berskhire Hathaway, jelas meninggalkan Gates. Di tahun 2008, kekayaan mantan petinggi perusahaan komputer itu hanya mencapai US$ 55,5 miliar, lebih rendah dari Warren Buffett yang mencapai US$ 58 miliar.

Ini merupakan kali pertama Bill Gates dikalahkan setelah sebelumnya Gates terus memimpin daftar orang terkaya selama 15 tahun berturut-turut.

2. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu mengendarai sendiri mobilnya, tanpa sopir pribadi.

Carlos Slim Helu menyalip Bill Gates di posisi orang terkaya dunia pada pertengahan Juli tahun 2014. Kekayaan konglomerat asal Meksiko ini meroket ke angka US$ 79,6 miliar ketika itu. Ia mengalahkan Bill Gates yang saat itu memiliki harta US$ 79,1 miliar.

Kala itu, kekayaan Slim Helu melonjak tajam berkat kepemilikan sahamnya di perusahaan telekomunikasi terbesar Amerika Latin, America Movil.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos (foto: myfirstclasslife)

Miliarder yang pernah menyalip Bill Gates di peringkat orang terkaya sejagad adalah Jeff Bezos. Sayangnya, pendiri Amazon ini hanya mampu mempertahankan posisinya selama empat jam. Ia naik ke posisi puncak setelah nilai saham Amazon melonjak tajam.

4. Amancio Ortega

Di tempat ke empat ada Amancio Ortega, pendiri gerai pakaian Zara. Total kekayaannya tahun ini bertambah 4,3 miliar dolar AS. Sekarang kekayaan menjadi 71,3 miliar dolar AS atau sekitar 923 triliun rupiah.  (AP Photo/Iago Lopez)

Amancio Ortega beberapa kali memberikan kejutan hebat sebagai salah satu orang terkaya dunia. Bahkan, Ortega sempat menyalip Bill Gates dari posisi puncak.

Terbaru pada akhir Agustus lalu, kekayaan konglomerat mode asal Spanyol sempat mencapai US$ 85 miliar. Sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Gates yang hanya sebesar US$ 84,9 miliar.

Posisi puncak tersebut sayangnya dirasakan Ortega tidak begitu lama. Seiring pergerakan pasar saham, kekayaan Gates kembali naik menuju posisi pertama meninggalkan pendiri Zara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.