Sukses

KCJ Bakal Tambah Rangkaian KRL ke Stasiun Cikarang

PT KAI Commuter Jabodetabek akan menyiapkan satu hingga tiga rangkaian kereta ke Stasiun Cikarang.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan KRL hingga ke Stasiun Cikarang pada September 2017. Hanya saja, pelaksanaannya masih menunggu penugasan dari Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Mengenai pengoperasian KRL, sebagian akan diperpanjang ke Stasiun Cikarang. Selama ini pengoperasian dari Stasiun Jakarta Kote hingga ke Stasiun Bekasi.

"Saat pengoperasian nanti, kami juga akan alokasikan satu rangkaian tambahan, di samping akan ada beberapa perjalanan yang saat ini tujuan Jakarta Kota-Bekasi dilanjutkan sampai dengan Cikarang," kata Vice President Communication KCJ Eva Chairunisa kepada Liputan6.com, Selasa (29/8/2017).

Eva mengungkapkan, saat ini perjalanan KRL hingga Stasiun Bekasi dilayani 13 rangkaian kereta dengan 158 perjalanan KRL setiap hari. Dari jumlah tersebut, tidak semua KRL akan diperpanjang hingga ke Stasiun Cikarang.

"Tidak semuanya akan lanjut sampai dengan Ckarang, estimasi sekitar satu sampai dengan tiga rangkaian saja," tegas Eva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Pelayanan Rute KRL ke Cikarang

Sebelumnya, Eva mengaku, KCJ telah melakukan berbagai persiapan untuk pelayanan KRL di Stasiun Cikarang tersebut. Seperti salah satunya, KCJ mempersiapkan pemasangan 6 gate di Stasiun Cikarang sebagai akses keluar masuk penumpang.

Dengan adanya perpanjangan rute dari Jakarta Kota menuju Cikarang ini, nantinya akan memudahkan masyarakat Cikarang menuju Jakarta. Selama ini warga Cikarang hanya bisa menggunakan KA Lokal dan jalan tol.

Mengenai harga, Eva mengaku akan tetap terjangkau, meski perjalanan kereta dari Jakarta Kota yang biasanya berhenti di Bekasi, sebagian akan diperpanjang hingga Cikarang.

"Estimasi tarif sekitar Rp 5.000 untuk Cikarang-Jakarta Kota dengan jarak sejauh 43,9 kilometer," tegas Eva. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini